Sederhana Namun Amat Lezat, Berikut Deretan Masakan Sunda yang Wajib Dicicipi

Indonesia terdiri atas beragam suku yang mempunyai ciri khasnya masing masing, termasuk dalam hal kuliner. Bagi masyarakat suku Sunda sendiri, banyak deretan masakan Sunda yang terkenal hingga ke berbagai penjuru di dalam negeri. Makanan khas suku Sunda bahkan sangat bervariasi, mulai dari asin, asam, manis, hingga pedas. Penasaran apa saja ? Berikut beberapa di antaranya.

Masakan Khas Sunda yang Wajib Dicoba

  1. Nasi Liwet

Nama nasi liwet pastinya sudah tidak asing lagi di telinga anda. Karena menu satu ini terbilang sangat terkenal di antara makanan khas Sunda lainnya. Nasi liwet sendiri adalah menu nasi yang dimasak dengan beberapa rempah seperti bawang putih, bawang merah, jambal roti, serai, dan cabe rawit. Kemudian dihidangkan dengan berbagai lauk pelengkap layaknya ikan asin.

  1. Karedok

Menu selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan jika ingin mencicipi masakan khas Sunda yaitu karedok. Makanan ini terbuat dari campuran sayur sayuran seperti kubis, terong kecil, kemangi, tauge, kacang kacangan, sampai timun mentah. Kemudian di atasnya akan disiram menggunakan bumbu kacang.

  1. Tumis Genjer Oncom

Dilihat dari namanya, sudah jelas bahwa bahan utama yang digunakan untuk membuat sajian menu satu ini tidak lain dan tidak bukan adalah oncom. Dengan rasa manis dan pedas, oncom dipadukan dengan genjer yang mempunyai tekstur renyah dan lunak. Jika disantap bersama nasi hangat, pastinya akan lebih nikmat dan mengenyangkan.

Di warung warung tradisional hingga restoran papan atas di daerah Jawa Barat, anda bisa menemukan dengan mudah menu seperti di atas. Rasanya yang lezat dan mengenyangkan dijamin akan memanjakan perut dan menggoyang lidah. Atau anda juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti berbagai resep di internet.