Mengenal Deretan Produk Terbaik Besutan Pupuk Kaltim

Di dalam dunia bisnis agraris, kehadiran produk pupuk tak akan bisa ditinggalkan. Terutama mengingat fungsi utamanya sebagai bahan utama untuk kebutuhan pangan tanaman. Baik itu untuk persawahan, perkebunan, bahkan perhutanan sekaligus. Di Indonesia produsen rabuk sendiri sudah berkembang. Seperti deretan produk terbaik pupuk kaltim berikut.

Tentang Perusahaan

Nama dari produsen pupuk lokal yang satu ini sebenarnya sudah banyak tersebar di tanah air. Memiliki nama pupuk Kalimantan timur, sebenarnya perusahaan ini adalah anak usaha dari PT. Pupuk Indonesia. Berawal dari sebuah proyek yang dikelola oleh Pertamina, perusahaan pun berkembang menjadi sebuah bisnis yang solid.

Hal ini tak terlepas dari terbentuknya fasilitas pabrik apung, atau pabrik rabuk di atas kapal. Namun, sejak tahun 1977 menteri perindustrian memulai pengadaan pabrik pupuk di Asia. Yang mana kemudian resmi menjadi markas produksi pupuk terbesar di Asia dengan lahan seluas 433 hektar, berlokasikan di Kalimantan timur.

Fasilitas demi fasilitas pun berkembang di dalam pabrik, termasuk proyek penggunaan gas bumi untuk bahan baku urea dan amonia. Proyek ini pun menggunakan pipa sepanjang 60 km dari muara badak. Perusahaan pupuk terbesar di Asia ini terus berkembang dan mengalami revitalisasi dengan pabrik ke 5 di tahun 2011 dan diresmikan tahun 2015.

Hingga saat ini, produsen pupuk yang satu ini sudah memiliki komplek petrokimia terpadu untuk kebutuhan pabrik. Jika dirinci, total dari pabrik tersebut mencapai 17 lokasi. Semuanya terdiri dari 5 pabrik urea, 5 pabrik amonia, 3 NPK, 2 NPK fusion, 1 boiler batu bara, dan lain sebagainya.

Dari pengalaman yang panjang dan kemampuan produksi yang tinggi, tak bisa dipungkiri bahwa produsen besar ini mampu menjadi pemain utama di dalam bisnis agrokimia lokal dan dunia. Terutama mengingat potensi pertumbuhan dan kelanjutan bisnis agraris di Indonesia. Lantas, apa saja produk yang ditawarkan oleh pabrik pupuk Kalimantan timur?

Deretan Produk Yang Ditawarkan

  1. Bahan Mentah Ammonia

Salah satu produk unggulan yang ditawarkan adalah bahan mentah berupa Ammonia. Produk yang satu ini kerap digunakan sebagai bahan utama dalam industri kimia terpadu. Pada dasarnya, senyawa kimia NH3 ini adalah bahan utama untuk pembuatan pupuk serta produk kimia lainnya. karena itulah, bisa ditemukan bau yang serupa di dalam gemuk.

Senyawa mentah ini memiliki ciri khas bau tajam yang begitu khas, yang mana sering kali muncul dari bentuk gas. Namun, dalam hal ini pabrik pupuk Kalimantan timur hanya menyediakan produk berbentuk cair bukan gas. Demi memberikan layanan terbaik, maka suhu amonia cair telah dipastikan berada di dalam kondisi stabil.

Hal ini karena amonia dalam bentuk cair dapat membeku di suhu -78 ᵒC dan mendidih di suhu 33ᵒC. Untuk itu, produsen dan pabrik pun memasarkan produknya di dalam keadaan suhu -33ᵒC. Demi produk terbaik pula, pabrik pupuk dari Kalimantan timur ini pun menjamin kemurnian amonia di angka minimal 99,5%.

Sedangkan, bahan campuran berupa air hanya ditambahkan dengan persentase sekitar 0,5% saja. Sebagai bahan baku pupuk yang diproduksi di dalam pabrik ammonia terbuat murni dari bahan baku gas bumi. Produksi ini berlangsung karena adanya reaksi uap air dan udara yang terjadi di dalam pabrik pupuk kaltim.

Nantinya, reaksi tersebut akan diproses dengan tekanan dan suhu yang tinggi. Proses ini dilakukan secara berkala dan signifikan melalui beberapa reaktor dengan kandungan katalis. Dengan penanganan yang baik, maka fungsinya dapat dimaksimalkan. Seperti untuk bahan baku pupuk urea, pengolahan logam, perminyakan, hingga industri pertambangan.

  1. Urea Atau Pupuk Nitrogen

Salah satu produk utama yang bisa ditemukan dari pabrik pupuk di Kalimantan timur ini adalah Urea. Rabuk yang satu ini juga dikenal dengan nama pupuk nitrogen, yang mana dinamai karena memiliki kandungan 46% nitrogen di dalamnya. Untuk kebutuhan agraris dan pakan tanaman, pupuk ini memiliki kandungan amonia di dalamnya.

Produk dari pabrik Kalimantan timur sendiri bisa dikenali dari komposisi urea padat dengan bentuk prill berukuran sekitar 1-3 mm atau jenis granul ukuran 2-4 mm. Kedua jenis ini diproduksi oleh pabrik yang telah melakukan reaksi antara karbon dioksida dan amonia. Alhasil, dapat ditemukan bau amonia yang cukup kuat di setiap jenisnya.

Secara umum, jenis humus yang satu ini memiliki zat nitrogen guna mendukung metabolisme tanaman. Bahkan, fungsinya pun mencakup percepatan perkembangan cabang, pertumbuhan, jumlah anakan, hingga membuat daun lebih segar, rimbun, dan hijau. Alhasil, gembur bertekstur kasar ini pun menjadi langganan petani.

Perbedaan jenis ukuran tersebut cenderung memiliki segmen pasar yang berbeda. Hal ini terkait dengan kegunaan yang juga tak sama. Seperti urea jenis granul dengan butiran lebih besar. Fungsinya lebih banyak digunakan sebagai kebutuhan pupuk perkebunan. Sedangkan, jenis prill yang lebih kecil lebih banyak digunakan untuk tanaman industri atau pangan.

Di Indonesia sendiri, pupuk besutan dari Kaltim telah dikenal dengan merek dagang Pupuk Indonesia dan daun buah. Sedangkan ada pula jenis bersubsidi yang memiliki produk dengan warna merah muda. Produk bersubsidi ini memiliki brand Urea pupuk Indonesia yang lebih banyak digunakan untuk tanaman pangan.

Sedangkan untuk produk dengan merek dagang daun buah sendiri terdiri dari dua jenis yang dibedakan melalui warna dan ukuran butiran. Produk dengan warna biru adalah merek dagang jenis prill berwarna putih. Ukurannya lebih kecil yakni 1:3,35 mm. Sedangkan kemasan kuning adalah untuk produk urea granul dengan ukuran 2:47 mm.

  1. Pupuk Hayati

Salah satu produk yang bisa Anda temukan dari pabrik ini adalah pupuk hayati. Produk jenis satu ini dikenal sebagai koki atau juru masak di dalam tanah. Hal ini karena siklus hara di dalam tanah dapat diserap lebih efisien dengan bantuan pupuk hayati. Hal ini sendiri disebabkan karena fungsi utamanya adalah sebagai penyedia hara di dalam tanah.

Tidak hanya itu, penyediaan hara karena pupuk hayati sendiri adalah kunci proteksi tanaman dan pertumbuhan yang lebih baik. Sayangnya, banyak yang salah mengira bahwa pupuk ini adalah produk organik. Padahal, pupuk biofertilizer ini adalah pelarut P, penambat N, dan perombak bahan organik.

Dalam artian lain, humus yang satu ini lebih difungsikan untuk menjaga patogen tanah dan mengurangi kebutuhan pupuk kimia. Dengan demikian, produk ini dinilai lebih ramah lingkungan. Di pabrik pupuk Kaltim sendiri, terdapat produk dengan merek dagang ECOFERT. Gembur ini masuk ke dalam jenis pupuk hayati.

Produk dagang ini lebih banyak digunakan untuk peningkatan unsur hara P dan N. Sehingga baik untuk pertumbuhan tanaman secara lebih alami. Nilai efisiensinya sendiri dirasa dapat menghemat penggunaan pupuk jenis NPK hingga 25%. Tidak hanya itu, terdapat pula merek dagang dengan nama Biotara yang memiliki formulasi khusus untuk lahan rawa.

Di dalam bunga tanah yang satu ini, fungsinya lebih dipusatkan untuk beradaptasi dengan tanah masam yang ada di lahan berawa. Sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan perkembangan tanaman. Fungsinya sendiri tak jauh berbeda, mengingat manfaat utamanya adalah mengikat unsur N dan P di dalam tanah. Produk ini lebih sering digunakan untuk padi.

Biodex merupakan produk biofertilizer yang juga diproduksi dari pabrik yang sama. Hanya saja kegunaan utamanya adalah sebagai bioaktivator yang mampu merombak bahan organik. Dalam artian lain, produk dengan bahan aktif mikroba ini membantu mempersingkat waktu pengomposan lebih singkat.

Sebagai produk bioaktivator, Biodex sendiri memiliki tekstur bubuk halus. Dengan warna coklat kehitaman dan formulasi khusus, diperkirakan peningkatan proses pengomposan dapat terjadi dengan lebih maksimal. Deretan produk biofertilizer terkemuka tersebut tentunya sudah dipasarkan di tanah air dengan market yang luas.

  1. Pupuk Majemuk NPK

Produk terakhir adalah NPK fertilizer yang mana dikenal juga dengan humus majemuk NPK. Pada dasarnya, nama ini muncul karena kandungan unsur senyawa yang ada di dalamnya adalah Nitrogen (N), Phospat (P), dan kalium (K). Ketiga senyawa tersebut memiliki fungsi yang berbeda, yang kemudian disatukan dalam suatu produk pupuk unggulan.

Unsur utama Nitrogen sendiri memiliki fungsi dasar untuk membantu pertumbuhan vegetatif. Sedangkan kandungan phospat atau fosfor di dalamnya lebih digunakan untuk pertumbuhan tunas tanam serta akarnya. Untuk senyawa kalium, manfaatnya bagi tanaman lebih condong untuk peningkatan pembuahan dan pembungaan.

Meski memiliki tiga unsur hara utama tersebut, namun tidak jarang ditemukan dua kandungan unsur hara mikro lainnya. Hal ini lah yang membuat produk unggulan dari pabrik pupuk Kalimantan timur memiliki dua jenis merek dagang yang berbeda. Secara visual, karung dan jenisnya sendiri telah mengalami perbedaan yang signifikan.

Untuk produk unggulan tersebut adalah jenis merek dagang dengan karung bernama NPK pelangi Agro dan NPK Pelangi. Secara visual, kemasannya sangat berbeda. Hal ini tak terlepas dari perbedaan jenis NPK, seperti blending dan majemuk. Perbedaan yang paling tampak sebenarnya hanya ada pada teknik pembuatannya tersebut.

Tidak hanya berbeda dari teknik pembuatannya, namun kedua produk dengan merek dagang berbeda tersebut juga diedarkan dengan tujuan yang berbeda. Yang satu untuk non subsidi dan satunya bersubsidi. Secara umum, fungsinya sama. Hal ini karena keduanya masih ada di bawah produksi pabrik yang sama.

Untuk produk humus bersubsidi di bawah varian NPK adalah barang dengan merek dagang bernama NPK pelangi Agro. Merek yang satu ini digunakan sebagai nama jual untuk produk humus majemuk NPK dengan sistem pembuatan bernama Compound. Karena itulah, komposisi dari ketiga unsur hara adalah sama, yakni di angka perbandingan 15-15-15.

Pupuk Kaltim juga memproduksi NPK pelangi yang mana ditujukan sebagai merek dagang non-subsidi. Untuk barang yang satu ini, ciri utamanya ada di bagian kemasan yang tampil lebih premium. Bahkan, pupuknya sendiri memiliki tampilan warna warni. Tidak hanya itu, teknik pembuatannya adalah dengan cara blending yang memiliki persentase hara, 12-12-17-2.

Itulah sekilas bahasan mengenai produk bunga tanah besutan merek Kaltim atau Kalimantan timur. Nama tersebut diberikan sesuai dengan lokasi produksi yang mana bermarkas di Kalimantan. Meski demikian, produksinya telah tersebar di seluruh Indonesia. Namun jika Anda membutuhkan bantuan pengiriman berkualitas, silahkan cek jasa ekspedisi Surabaya atau lokasi lainnya.