Pendakian Gunung Papandayan Garut, Tips yang Bisa Anda Lakukan

Mendaki gunung adalah sesuatu hal yang menyenangkan bagi para pecinta gunung. Namun, Anda tidak bisa sembarangan mendaki gunung karena harus melakukan persiapan dengan matang. Bagi pemula, tentu penting untuk mengetahui tips-tips sebelum melakukan pendakian.

 

Sejumlah Tips Mendaki Gunung Papandayan

Gunung Papandayan merupakan gunung tertinggi yang ada di Garut setelah Gunung Cikuray. Puncak Gunung Papandayan sendiri mencapai 2665 Mdpl. Anehnya, justru para pendaki tidak bertujuan mencapai puncak gunung namun kawah, Ghober Hoet, Pondok Saladah, dan lain sebagainya. Berikut beberapa tips mendaki Gunung Papandayan.

  • Logistik

Bawalah logistik, seperti makanan dan minuman sebagai bekal selama pendakian. Bawa air putih secukupnya saja, karena di sana banyak sumber mata air.

  • Transportasi

Bagi Anda yang memilih membawa kendaraan pribadi, Anda bisa meletakkannya di Camp David yang menjadi pos pendaftaran dan parkir kendaraan.

  • Jam Buka

Gunung Papandayan buka selama 24 jam sehingga bisa didaki kapan saja. Namun, sebaiknya jangan lakukan pendakian tengah malam apalagi jika baru pertama kali. Jika cuaca buruk, sebaiknya tunggu hingga situasi kondusif dengan mendirikan camp di sana.

  • Peralatan Camping

Jangan lupa untuk membawa berbagai peralatan dan kebutuhan yang penting selengkap-lengkapnya. Karena tidak ada persewaan alat maka Anda wajib mempersiapkannya dsfi rumah.

  • Guide dan Porter

Jika tidak yakin mendaki tanpa bantuan guide atau porter maka jangan melakukannya. Sebaiknya, sewalah jasa guide dan porter agar pendakian lebih aman dan terarah.

 

Tips mendaki Gunung Papandayan ini bisa menjadi pengetahuan ketika Anda hendak melakukan pendakian. Jangan lupa untuk mempersiapkan hal-hal penting untuk dibawa. Perhatikan juga kesehatan fisik Anda untuk memastikan pendakian bisa dilakukan dengan aman.