Cara Kerja Panel Surya [WAJIB BACA]

Mungkin disini sudah banyak yang tahu mengenai panel surya memiliki banyak manfaat untuk individu maupun lingkungan, contohnya PJU solar cell. Akan tetapi, berdasarkan survey, masih banyak orang yang belum paham terkait bagaimana cara kerja dari panel surya mengubah energi cahaya menjadi listrik. Penasaran? berikan penjelaskan lengkapnya untuk anda.

Cara Kerja dari Panel Surya dari Cahaya Menjadi Listrik

Panel surya ini memiliki cara kerja yang dimulai dari unit terkecil atau sel fotovoltaik yang mampu merubah energi matahari menjadi listrik. Sederhananya sel fotovoltaik ini menyerupai bentuk sandwich yang terdiri dari silikon yang bisa dipakai untuk mikroelektronika. Supaya bisa bekerja, sel ini perlu membentuk medan listrik yang terdiri dari kutub yang berlawanan.

Agar hasil lebih terlihat maksimal, maka para ahli akan menyamai fosfor pada lapisan atas silikon untuk menambahkan butiran elektron. Kemudian untuk cara kerja panel surya bagian bawahnya akan memperoleh tebaran boron yang bakal menghasilkan elektron. Medan listrik bisa mendorong elektron tatkala foton yang ada pada cahaya matahari mulai menjatuhkan elektron bebas.

Langkah selanjutnya agar panel surya mengubah energi  yaitu dengan melihat komponen lain yang ada didalamnya. Dimana ia akan mengubah elektron menjadi daya yang bisa digunakan. Berbagai plat konduktor logam di bagian sisi sel akan mengumpulkan elektron serta mentransfernya ke bagian kabel. Lalu untuk titik itu, elektron akan terus mengalir seperti halnya sumber arus listrik.

Cara Merawat Panel Surya

  1. Menjaga Panel Surya Supaya Tetap Bersih

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menjaga panel surya agar tetap bersih. Perawatan rutin ini bisa dilakukan dengan membuat jadwal berkala. Misalnya dengan jangka harian maupun bulanan. Asal anda tahu, bahwa panel surya ini diharapkan terhindar dari debu, kotran dan juga objek yang lainnya.

Jika terdapat kotoran atau benda yang mengganggu seperti ranting pohon, plastik atau lain sebagainya yang menutupi permukaan, maka bakal mempengaruhi proses panel surya mengubah energi menjadi listrik. Untuk cara pembersihan atau menangani hal ini yaitu bisa dilakukan dengan berbagai macam. Anda bisa membeli pembersih khusus atau membuat sendiri dengan komposisi sederhana.

  1. Perlu untuk Memperhatikan Kabel Panel Surya

Selain bagian permukaan, anda juga harus memperhatikan dan juga merawat area kabelnya, pastikan anda juga memasang bagian penyangga dengan benar. Pastikan semuanya bisa terpasang dengan baik sehingga tidak mempengaruhi kinerja dari solar panel. Jangan lupa anda juga memeriksa panel agar tidak terdapat celah udara yang menimbulkan korosi dan juga konsleting listrik.

  1. Sikatlah Menggunakan Bahan yang Halus

Cara merawat selanjut nya yaitu dengan melakukan penyikatan menggunakan bahan yang halus. Anda bisa memanfaatkan kanebo atau kain pel untuk mengatasi masalah kebersihan tersebut. Sebab jika terjadi gorekan akan membuat kinerjanya kurang maksimal terutama dalam menyerap paparan sinar matahari.

  1. Sekalah Panel Surya Tatkala Masih Basah

Wajib untuk diperhatikan, agar panel surya mengubah energi secara baik, maka  jika basah jangan biarkan ciaran tersebut dapat mengering dengan sendirinya. Langkah yang harus anda lakukan agar panel surya dapat bekerja dengan sempurna yaitu dengan menyeka menggunakan kain berbahan halus supaya tidak terjadi goresan.

Itu tadi penjelasan mengenai bagaimana cara kerja dan juga merawat panel surya dengan baik dan benar. Dengan mengetahui informasi cara kerja tersebut, maka akan membantu anda dalam memahami dan perawatan yang tepat. Sehingga supaya panel surya milik anda bisa bertahan lebih lama, jangan lupa untuk menerapkan 4 cara yang sudah dijelaskan diatas.