Mengenal Beberapa Jenis Oleh Oleh Khas Cirebon

Membeli oleh oleh ketika berkunjung ke kota Cirebon merupakan hal biasa yang dilakukan oleh para wisatawan. Mereka biasanya membeli makanan dan aksesoris khas sebagai buah tangan yang nantinya akan dibagikan kepada teman dan saudara. Sirup Tjampolay sendiri merupakan salah satu buah tangan khas asal Cirebon yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1936. Sirup ini dihadirkan dengan pilihan rasa yang beragam. Tidak hanya dikonsumsi oleh rumah tangga, sirup ini juga disajikan di rumah makan dan hotel.

Berkunjung ke Cirebon, tidak ada salahnya untuk membeli terasi udang Cirebon. Dengan rasanya yang nikmat, terasi ini dapat kita gunakan sebagai pelengkap bumbu masak. Kue Gapit memiliki tekstur yang reyah dan bentuk yang tipis, Oleh oleh khas kota Cirebon ini menyerupai waffle yang tipis. Kue Gapit hadir dengan pilihan rasa yang berbeda, mulai dari original, rasa kencur, bawang dan keju. Makanan tradisional ini merupakan buah tangan yang tepat karena rasanya yang gurih.

Hasil laut kota Cirebon yang dapat dijadikan oleh oleh adalah Jambal Roti. Ikan asin yang berasal dari Cirebon ini dapat disajikan dengan menggunakan sambal cabai. Ikan Manyung sendiri merupakan jenis ikan yang digunakan dalam pembatan Jambal Roti. Jika kita ingin membeli oleh oleh yang tidak cepat hilang, batik Cirebon adalah jenis buah tangan yang paling tepat untuk dibeli.