8 Rekomendasi Motif Batik Modern Yang Keren dan Elegan

Tanggal 2 Oktober merupakan hari Batik Nasional. Pada hari itu biasanya para pekerja banyak yang menggunakan pakaian batik modern yang berasal dari berbagai daerah.

Kita tahu bahwa batik Indonesia sangat seragam, mulai dari baik tradisional hingga batik modern dengan ciri has yang unik. Berikut beberapa motif batik modern yang kami sajikan dan cocok untuk digunakan pada baju batik Wanita Modern.

1. Batik Papua

Warna untuk batik modern ini bukan hanya warna coklat, hitam serta putih. Namun ada juga warna ungu, biru serta orange. Batik Papua ini memiliki ciri khas yaitu dengan mengkombinasikan warna yang cerah dipadukan dengan motif etnik Papua yang asimetris.

Motif ini juga memiliki sentuhan dari beberapa unsur alam serta yang menjadi ciri khasnya adalah budaya masyarakat Papua. Seperti burung Cenderawasih, kadal dan buaya yang memiliki warna cerah.

2. Motif Bali

Selanjutnya adalah kain batik Bali yang terlihat unik. Motif ini memiliki ciri khasnya yang terlihat dari lambang-lambang yang ada di daerah. Misalnya burung bangau, naga , kura-kura serta rusa.

Beberapa motif Bali ini juga diambil dari apa yang banyak dikenal luas masyarakat Bali, misalnya Barong.

3. Batik Madura

Kemudian untuk motif batik modern selanjutnya adalah batik Madura. Batik Madura memiliki ciri khas yang ada pada warna serta motifnya. Motif batik ini bukan hanya dikenal dengan warnanya yang berani namun juga perpaduan warnanya yang terdiri dari hitam dengan warna cerah.

Inspirasi dari ragam motif ini diambil dari lingkungan alamnya seperti pada motif tumbuh-tumbuhan.

4. Batik Cirebon

Umumnya batik Cirebon ini mempunyai 2 jenis motif. Motif tersebut diantaranya yaitu motif keraton serta motif pesisiran.

Motif keraton ini diambil dari beberapa ornamen yang ada di keraton serta untuk warnanya cenderung sogan dan babar mas.

Kemudian untuk motif pesisiran ini didalamnya terkandung unsur tanaman serta hewan. Unsur tersebut baik yang terdapat di darat maupun laut. Lalu untuk corak warna yang dimilikinya biasanya lebih terang.

5. Motif Batik Pekalongan

Bagi kamu khususnya pria yang sedang mencari batik modern maka bisa memilih dengan menggunakn motif ini. Karena motif ini cocok untuk dijadikan pilihan.

Motif Pekalongan ini memiliki ciri khas yaitu dengan dominasi warnanya dari warna-warna pesisisr. Misalnya seperti merah, hijau dan biru.

Kemudian untuk coraknya banyak menggunakan corak ornamen garis dan titik. Namun ada juga yang memakai motif fauna yang mirip dengan Solo dan Jogja.

6. Motif Betawi

Salah satu batik modern ini berasal dari batik Betawi yang biasanya mempunyai corak yang terang. Batik ini juga merupakan akulturasi dari budaya China, Arab serta India.

7. Batik Malang

Selanjutnya ada batik Malang yang merupakan salah satu batik modern wanita. Motif batik ini juga terlihat cantik. Kemudian untuk motif yang diminati dari batik malang ini yaitu bunga teratai.

Beberapa motif batik Malang yang terkenal yaitu dele kekcer, Sawang Kembang Pring, Kucewarna, kembangan kopi dan lain-lain.

8. Motif Batik Cilacap

Salah satu wilayah yang ada di Jawa Tengah yaitu Cilacap juga memiliki motif batik yang khas dan unik. Batik khas disini banyak ditemukan karena budaya membatik di Cilacap sudah ada sejak dulu.

Adapun ciri khas yang dimilikinya yaitu pilihan warna klasik. Contohnya seperti warna coklat, hitam dan putih.

Motif-motif yang ada banyak terinspirasi dari keadaan lingkungan yang terdapat di dalamnya. Ada juga motif kontemporer. Misalnya seperti buah jeruk, buah gowok dan sungai serayu.