Mengenal Jenis Rumput Hias dari Yang Mudah Perawatannya Hingga Ekstra Perawatan

Membuat tanaman hias rasanya kurang lengkap jika tidak ada rumput hias. Dalam memilih rumput untuk taman Anda, haruslah memilih jenis rumput yang tepat dan segar. Hal ini dilakukan untuk menciptakan taman yang cantik dan indah dipandang mata. Selain berfungsi sebagai penghias, rumput jenis ini juga dapat menyerap air dan mengurangi debu tanah yang tertiup angin.

Di Indonesia sendiri tedapat berbagai jenis rumput hias yang dapat Anda jadikan sebagai pelengkap taman Anda. Berikut ini beberapa jenis rumput hias yang dapat Anda pilih:

  • Rumput swiss

Rumput swiss merupakan salah satu jenis rumput hias yang memiliki tekstur yang paling halus diantara jenis rumput lainnya. Rumput swiss ini akan sangat cocok sebagai penghias taman idaman Anda. Hal ini dikarenakan, rumput swiss ini akan terlihat indah. Selain itu juga dapat memberikan kesan estetik meskipun taman Anda hanya ditaman rumput swiss ini.

 

Namun, bagi Anda yang berniat untuk menanam rumput swiss di taman, Anda harus siap melakukan perawatan ekstra. Mulai dari pemangkasan rumput minimal sebulan sekali, pemberian pupuk, hingga pencahayaan minimal 80%.

 

  • Rumput peking

Jika Anda ingin menggunakan rumput hias yang mudah perawatannya. Anda bisa mencoba menanam rumput peking untuk taman hias Anda. Karakter rumput ini mirip dengan rumput jepang, yaitu helaian daunnya yang kurus, runcing, dan rapi. Untuk merawat rumput ini, Anda hanya harus memangkasnya secara rutin dalam 2 bulan sekali  dan pemberian pupuk agar rumput tidak kering.