Menarik! Keunikan Rumah Adat Honai

Papua yang terletak di wilayah timur Indonesia memiliki kekayaan alam maupun budaya yang sangat melimpah. Salah satu kekayaan budaya yang dimilikinya bisa dilihat dari keunikan rumah adat Honai.

Apa saja keunikan rumah adat asal Papua yang satu ini? Di mana saja letak keunikannya? Tentunya Anda merasa penasaran, bukan? Yuk, simak baik-baik informasi dari artikel ini.

Keunikan Rumah Adat Honai dari Segala Sisi

Keunikan utama dari rumah adat yang berasal dari Papua ini adalah bentuk bangunannya. Rumah adat ini memiliki bentuk seperti jamur sehingga terlihat sederhana. Bahan utama untuk membangun rumah ini adalah kayu dan jerami.

Meskipun terlihat kecil, sebenarnya rumah ini bisa menampung banyak orang. Di dalamnya juga terdapat ruang tamu, kamar tidur, dapur, dan ruang luas di tengah-tengahnya. Ada juga perapian untuk menghangatkan diri lho.

Nilai filosofi yang dikandung rumah Honai membuatnya semakin menarik. Nilai utama yang ada di rumah ini adalah tentang kesatuan antar sesama suku untuk mempertahankan budaya dan tradisi dari para leluhur sebelumnya.

Bagaimana? Selain bentuknya yang unik, keunikan rumah adat Honai juga terletak dalam filosofinya. Apakah Anda sudah pernah melihat langsung rumah Honai? Jika belum, maka sebaiknya Anda langsung datang ke Papua ya.