8 Makanan Untuk Penderita Stroke yang Menyehatkan

Stroke adalah kondisi yang terjadi saat pasokan darah ke otak terganggu apabila pembuluh darah otak mengalami penyumbatan atau pecah. Penyakit ini tergolong penyakit serius dan dapat menyerang siapa pun tanpa memandang usia. Gangguan penyakit satu ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja tanpa khususnya bagi yang mempunyai riwayat gangguan hipertensi.

Gejala Stroke

Stroke menjadi salah satu momok yang banyak ditakuti hampir sebagian  besar orang pada saat ini. Bagaimana tidak? Ketika seseorang mengalami stroke maka mereka akan mengalami gangguan fungsi pada tubuh mereka sehingga tubuh biasanya akan mengalami lumpuh sebagian atau lumpuh total. Tidak hanya itu saja, gangguan stroke juga mempunyai berbagai gejala lainnya, yaitu:

  • Tekanan darah yang tinggi

  • Terganggunya fungsi saraf di dalam tubuh

  • Beberapa tubuh sering mengalami rasa kesemutan yang mengakibatkan tubuh sulit untuk digerakkan8

Makanan Untuk Penderita Stroke

Menjaga asupan makanan bagi penderita stroke  dapat mengendalikan tekanan darah, menurunkan berat badan dan mempercepat pemulihan. Berikut beberapa makanan yang dianjurkan untuk seseorang yang menderita stroke.

  • Ikan

Bagi penderita stroke ikan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Karena ikan mengandung protein dan asam lemak omega 3 yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah dan kolesterol. Jenis ikan yang cocok untuk penderita stroke yaitu ikan salmon,ikan tuna,ikan trout dan ikan mackerel.

  • Buah Alpukat

Dalam satu buah alpukat ukuran 50 gram mengandung 80 kalori,8gram lemak,4gram karbohidrat dan sekitar 1 gram protein. Selain itu buah alpukat memiliki kandungan kalium yang dapat mengurangi tekanan darah. Kandungan kalium itulah yang bagus untuk penderita stroke.

  • Buah Apel

Apel adalah buah yang mengandung banyak serat yang dapat menjaga kadar kolesterol tetap normal. Apel sangat Budianjurkan untuk penderita stroke karena mengandung flavonoid yang mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat. Serta mampu mengurangi resiko terjadinya stroke sebesar 20%.

  • Tomat

Kandungan antioksidan yang terdiri dari dari vitamin A, vitamin C,beta karoten ,likopen dan asam folat  ini dapat menurunkan kadar kolesterol,bisa mencegah peradangan pada pembuluh darah dan menjaga tekanan darah normal sehingga dapat menurunkan resiko stroke.

  • Kacang-Kacangan

Kacang sangat baik dikonsumsi oleh penderita stroke karena mengandung folat yang baik untuk otak . Selain itu kacang kacangan juga mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mencegah terjadinya stroke dengan menjaga sistem kardiovaskular dalam kondisi prima.

  • Biji Bijian Utuh

Tidak hanya baik untuk kesehatan jantung biji bijian juga baik untuk penderita stroke karena mengandung tinggi serat, vitamin B, zat besi dan magnesium. Biji bijian yang baik untuk dikonsumsi seperti oatmeal,nasi merah,gandum, jagung dan quinoa.

  • Olahan Produk Susu Rendah Lemak

Dengan mengonsumsi olahan yang rendah lemak dapat menurunkan faktor terjadinya stroke. Olahan produk susu yang boleh dikonsumsi bagi penderita stroke seperti keju, yoghurt dan susu.

  • Makanan Kaya Kalsium dan Magnesium

Makanan yang mengandung magnesium dapat membantu mencegah pembekuan darah. Contoh makanan yang banyak mengandung magnesium seperti sayuran berdaun hijau, kacang kacangan dan biji-bijian. Sedangkan makanan yang mengandung kalium seperti pisang,bayam, alpukat dan ubi jalar. Kalium sendiri berfungsi untuk menjaga tekanan darah tinggi yang merupakan salah satu faktor penyebab stroke.

Itulah beberapa makanan yang aman dan baik dikonsumsi bagi penderita stroke karena dapat mempercepat proses penyembuhan dan mencegah penyakit kambuh kembali. Selain menjaga pola makan untuk mencegah terjadinya stroke juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya seperti olahraga tidak mengonsumsi alkohol.

Untuk mengetahui berbagai macam info kesehatan mengenai pengobatan stroke dan penyakit lainnya, Anda bisa klik Gizigo. Ini merupakan sebuah website yang berisi tentang berbagai macam informasi kesehatan yang sangat lengkap.