Fakta Menarik Seputar Tradisi Masyarakat di Gunung Rinjani Lombok

Setiap Daerah pasti memiliki yang namanya adat istiadat dan juga tradisi budaya yang berkembang di tempat tersebut. Seperti hal nya masyarakat Lombok yang masih memiliki sejumlah adat istiadat yang berlaku di wilayahnya dan juga tradisi-tradisi yang masih sering dilakukan hingga sekarang. Apa saja fakta menarik seputar tradisi masyarakat di Gunung Rinjani Lombok? Simak informasi berikut ini!

Kegiatan Adat Masyarakat Rinjani

  1. Kegiatan Asuh Gunung

Menjadi salah satu sumber kehidupan bagi masyarakat Lombok, peran Rinjani dianggap memiliki kedudukan yang penting bagi warga sekitarnya. Untuk itu, masyarakat sekitar selalu melakukan ritual yang dinamakan asuh gunung dengan bertujuan menjaga gunung dan potensi alam sekitarnya agar tetap lestari. Kegiatan itu dilakukan secara bergantian oleh warga sekitar.

  1. Ritual Sembek

Kegiatan ritual yang satu ini merupakan kegiatan dimana dilakukan kepada para pendatang maupun para calon pendaki gunung yang ingin melakukan pendakian di Rinjani. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengedukasi betapa pentingnya penghormatan terhadap alam, menjaga kelestarian dan kebersihan, kemanan serta kesucian tempat tersebut.

  1. Kegiatan Upacar Ngayu Ayu

Kegiatan upacara yang satu ini merupakan salah satu tradisi yang masih dijalankan oleh warga Desa Sembalun yang bermukim disekitar lereng gunung. Upacara Ngayu Ayu ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur terhadap Tuhan atas nikmat mata air yang mengalir dan banyaknya tanaman yang tumbuh subur dikawasan sekitar gunung tersebut.

Nah itu tadi sedikit informasi mengenai tradisi yang masih dilakukan hingga sekarang oleh masyarakat Lombok di lereng Rinjani. Semoga secuil informasi di atas bisa menambah wawasan pengetahuan Anda dalam mengetahui adat istiadat dan juga tradisi yang ada di Indonesia.