Cara Tanam Biji Alpukat Tanpa Ribet

Alpukat adalah salah satu tanaman yang banyak diminati masyarakat, selain mempunyai banyak manfaat buah ini juga sangat mudah untuk dibudidayakan. Tanaman ini umumnya hidup di daerah yang memiliki hawa dingin, misalnya pegunungan atau dekat dengan air laut. Lalu bagaimana cara tanam biji alpukat? Penasaran? berikut ini ada penjelasan lengkapnya untuk anda.

Cara Menanam Biji Alpukat Tanpa Ribet

  1. Memilih Biji yang Unggul

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mencari bibit yang unggul. Caranya anda bisa membelah alpukat menjadi dua dengan cara yang hati-hati. Tujuannya agar biji yang ada dalam buah tersebut tidak terluka karena goresan pisau. Bila sudah, jangan lupa untuk mengambil bijinya dan bersihkan dengan cara mencuci.

  1. Menumbuhkan Tunas

Langkah kedua yang harus dilakukan yaitu dengan cara menumbuhkan tunas dalam air. Dalam biji alpukat ini biasanya terdapat dua bagian. Bagian pertama berisi area yang lebih lebar dan kedua yang sempit. Bagian yang luas seharusnya diletakkan di bawah yang nantinya bisa bersinggungan dengan permukaan air.

  1. Tanaman Biji ke dalam Tanah

Langkah yang terakhir yaitu dengan menanam biji ke dalam tanah. jadi biji yang tadinya ada dalam proses tunas dalam permukaan air, akan dipindahkan pada pot atau polybag dalam tanah. Dalam proses ini jangan sampai area akar terpotong atau tergores. Sebab jika dua hal tersebut terjadi, maka akan berdampak pada tunas yang mati.

Hal ini dapat disimpulkan, bahwa ada 3 cara untuk menanam biji alpukat dengan cara yang mudah dan tanpa ribet. Pertama, lakukan dengan memilih biji yang unggul, jangan lupa untuk menumbuhkan tunas, dan yang terakhir tanamlah biji ke dalam tanah. Namun jangan lupa hati-hati agar biji tidak sampai kegores dan mati.