Deskripsi Mengenai Arti Logo Pertamina

Pertamina merupakan sebuah PT atau Persero milik BUMN yang beroperasi dalam bidang pemenuhan energi. Pertamina telah didirikan sejak tanggal 10 Desember 1957. Pada saat itu, nama perusahaan ini adalah PT Perusahaan Minyak Nasional (Permina). Status PT ini kemudian diubah menjadi Perusahaan Negara. Selanjutnya, Permina dan PN Pertamin bergabung membentuk Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara (Pertamina) pada tanggal 1968. Setelah itu, status Pertamina berubah menjadi PT atau Persero pada tahun 2003. Sebagai sebuah perusahaan besar, Pertamina tentu memiliki lambang yang menjadi simbol perusahaan tersebut. Tercatat Pertamina memiliki logo yang pernah diubah karena mengikuti perkembangan dari perusahaan tersebut. Lambang atau logo tersebut tentu memiliki makna yang mendalam sesuai dengan visi misi Pertamina.

Mengenal Makna Logo Pertamina

Sejarah logo Pertamina tidak terlepas dari perkembangan perusahaan tersebut. Pada awal berdirinya Pertamina hingga tahun 2005, perusahaan ini memiliki logo dengan gambar kuda laut. Mengapa? Banyaknya fosil kuda laut yang ditemukan pada suatu tempat menandakan bahwa tempat tersebut memiliki banyak cadangan minyak maupun gas. Hal ini sejalan dengan tugas dan kewajiban Pertamina dalam mengelola sumber daya alam minyak dan gas di Indonesia. Oleh karena itu, sebagai pertimbangan ekonomis, Pertamina mengambil simbol kuda laut dalam logo mereka. Akan tetapi, pada tahun 2005, Pertamina kemudian mengubah logo mereka dan digunakan hingga saat ini.

Pertamina secara resmi menggunakan logo baru pada tanggal 10 Desember 2005. Bentuk dari logo baru Pertamina adalah simbol huruf P yang dibentuk dalam bentuk anak panah. Warna yang digunakan pada anak panah tersebut adalah warna biru, hijau, dan merah. Di samping huruf P terdapat tulisan Pertamina yang menandakan nama perusahaan. Lantas, bagaimana makna dari logo Pertamina yang paling baru?

Tiga buah anak panah yang membentuk huruf P menjadi simbol bahwa Pertamina memiliki visi untuk selalu memberikan inovasi, bergerak progresif maju dan ke depan. Hal ini dilakukan untuk memanfaatkan sumber daya alam bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Sementara itu, ukuran anak panah yang membentuk huruf P juga bervariasi. Perbedaan ukuran dari tiga  buah anak tersebut menandakan pulau - pulau di Indonesia yang memiliki keragaman bentuk dan budaya. Namun, semua pulau tersebut menjadi pembentuk dari Indonesia.

Sementara itu, warna biru yang terdapat dalam salah satu warna menandakan bahwa Pertamina merupakan sebuah perusahaan yang jujur, dapat diandalkan serta memiliki tanggung jawab yang tinggi. Sedangkan warna merah dalam logo Pertamina memiliki arti keberanian dan ketegasan dalam menyelesaikan setiap tantangan. Warna hijau memiliki arti bahwa Pertamina dalam setiap kegiatan pemanfaatan sumber daya energi memiliki dasar wawasan lingkungan.

Menggunakan Logo Pertamina

Pertamina sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pemanfaatan sumber daya alam energi tentu memiliki ketentuan tersendiri dalam penggunaan logonya. Umumnya, logo Pertamina tidak boleh digunakan pada badan usaha yang tidak tercakup dalam naungan Pertamina. Selain itu, logo Pertamina sering digunakan pada barang inventaris dan produk yang dimiliki oleh Pertamina. Untuk menggunakan logo Pertamina tersebut, tentu masyarakat perlu memilih gambar logo Pertamina dengan kualitas terbaik. Banyak logo Pertamina yang beredar namun memiliki resolusi rendah. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengunduh logo tersebut dari sebuah situs yang bernama namatin. Situs ini memang secara khusus menyediakan berbagai macam logo dari berbagai instansi. Selain itu, kualitas logo yang ditampilkan juga sangat baik.