Wajib Dikunjungi, 5 Tempat Wisata Jalan Malioboro Berikut Ini Bisa Dijangkau Dengan Jalan Kaki

Siapa yang tak kenal Yogyakarta dengan Jalan Malioboro-nya yang terkenal. Jalan ini selalu tak pernah sepi pengunjung dari berbagai kota maupun luar negeri. Banyak wisata menarik di sekitar Jalan terkenal ini. Kamu bisa mengikuti paket wisata Jogja 2022 untuk menikmati kota indah yang istimewa ini.

Berikut adalah 5 rekomendasi tempat Wisata Jalan Malioboro yang bisa anda tempuh praktis dengan berjalan kaki.

5 Tempat Wisata di Sekitar  Jalan Malioboro

  1. Tugu Jogja

Tak jauh dari Malioboro, terdapat Tugu Jogja yang terletak sekitar 1 kilometer dari Malioboro. Tugu Jogja ini juga seringkali disebut sebagau Tugu Pal Putih oleh masyarakat sekitar. Tugu ini memang terlihat biasa namun Tugu ini memiliki arti yang dalam. Tugu Putih ini merupakan lambang Kota Yogyakarta yang sangat ikonik.

  1. Pasar Beringharjo

Pasar satu ini sangat terkenal di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Banyak barang menarik yang dijual disini dengan harga yang terjangkau. Pasar Beringharjo adalah pasar yang tertua di Yogyakarta dan terletak tak jauh dari Jalan Malioboro. Sehingga pasar ini tak hanya berfungsi sebagai tempat jual beli namun juga mempunyai nilai historisnya.

Lokasi pasar ini berada di Jalan Margo Mulyo No.16. Pasar Beringharjo terletak tepat di Wisata Jalan Malioboro, sehingga anda bisa mengunjunginya hanya dengan berjalan kaki saja. Banyak barang yang dijual disana dari mulai pakaian khas, barang antik, batik hingga berbagai macam jajanan dan makanan Yogyakarta yang lezat.

  1. Benteng Vredeburg

Tak jauh dari Jalan Malioboro, terdapat juga lokasi wisata yang wajib masuk ke dalam list perjalanan anda. Terletak dengan jarak 180 meter dari Pasar Beringharjo, anda akan menemukan Bangunan bersejarah yaitu Benteng Vredeburg. Benteng peninggalan Belanda ini dulunya digunakan untuk mengawasi segala aktifitas di Keraton.

Sekarang, benteng ini sudah beralih fungsi menjadi bangunan museum yang megah dan menarik untuk dikunjungi. Beberapa barang yang dipamerkan di dalamnya adalah seperti minirama, media interaktif, diorama sejarah Indonesia, ruang audiovisual dan berbagai benda bersejarah lainnya.

  1. Titik Nol Kilometer Jogja

Setelah berkunjung ke Benteng Vredeburg maka anda bisa berjalan jalan sore dengan menikmati pemandangan khas Yogyakarta. Salah satu spot terkenal yang bisa anda kunjungi adalah titik nol Kilometer Jogja. Anda bisa bersantai di Wisata Jalan Malioboro ini sambil mengambil foto dengan latar tata kota yang estetik.

Kawasan titik nol Kilometer Jogja ini tak hanya berupa jalan saja namun sudah ditata dengan baik. Banyak bangku taman yang cantik yang sering digunakan wisatawan untuk beristirahat sejenak. Disekitar lokasi ini banyak terdapat tempat bersejarah lainnya. Salah satunya adalah Monumen Serangan Umum Satu Maret.

  1. Keraton Yogyakarta

Yogyakarta dengan Keratonnya memang menjadi daya tarik wisata paling besar. Keunikan budaya Yogyakarta dan masih terjaga keasliannya ini membuat banyak orang terasa bernostalgia bila mengunjungi Yogyakarta. Keraton ini adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang masih digunakan hingga saat ini.

Walaupun sebagai hunian resmi anggota kerajaan, namun lokasi Wisata Jalan Malioboro ini masih dibuka untuk pengunjung pada bagian terluarnya. Anda bisa mengunjungi Keraton dan juga melihat dari dekat kehidupan Kerajaan seperti dalam cerita Sejarah. Tak hanya hunian saja, namun Keraton juga menyimoan banyak peninggalan sejarah yang menarik untuk diketahui.

Berwisata di Yogyakarta memang tak pernah bosan. Banyak lokasi wisata yang bisa anda kunjungi. Tak hanya berwisata sejarah, namun juga banyak berbagai macam wisata kuliner khas yang bisa anda coba. Jalan Malioboro yang ikonik kota Yogya juga harus masuk dalam list perjalanan anda.