Deretan Universitas Teknik Mesin di Surabaya

Jawa Timur memiliki banyak lembaga pendidikan di tingkat perguruan tinggi dengan kualitas terbaik. Beberapa diantaranya bahkan masuk dalam daftar 100 universitas terbaik di seluruh dunia. Sebagian besar dari universitas terbaik yang dimiliki oleh Jawa Timur berada di kota Surabaya. Tidak heran jika banyak orang yang sangat menginginkan kuliah di Surabaya dan diterima di salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Kuliah bukan lagi menjadi jenjang pendidikan yang sulit diperoleh oleh anak sekarang. Kualitas pendidikan di Indonesia sudah lebih baik dari sebelumnya. Banyak pilihan universitas dengan kualitas terbaik yang bisa menjadi pilihan. Selain itu, universitas-universitas ini juga menawarkan beragam plihan program studi yang dapat mengembangkan skill dan potensi dari mahasiswanya. Salah satu program studi yang ditawarkan adalah program studi teknik mesin. Kita tahu bahwa perkembangan teknologi sekarang begitu pesat. Semua aspek kehidupan harus dapat bersinergi dengan perkembangan teknologi. Contohnya seperti proses produksi di dalam pabrik yang sekarang hampir semua dilakukan oleh mesin. Hal ini membuka peluang bagi lulusan-lulusan teknik mesin untuk bisa bekerja dan menunjukkan kemampuan serta pengetahuannya di bidang mesin.

Universitas-universitas yang Memiliki Jurusan Teknik Mesin di Surabaya

Dibawah ini adalah rekomendasi beberapa universitas di kota Surabaya yang memiliki jurusan teknik mesin yang bisa menjadi pilihan kalian, diantaranya yaitu:

  1. Unesa (Universitas Negeri Surabaya)

Meski terkenal sebagai kampus pencetak guru-guru berkualitas, Unesa tidak hanya memiliki jurusan di bidang keguruan saja. Unesa juga memiliki jurusan selain bidang keguruan seperti teknik sipil, teknik industry dan teknik sipil yang juga telah mencetak lulusan-lulusan terbaik dan mampu bersaing di dunia kerja.

  1. ITS (Institut Teknologi Sepuluh November)

ITS merupakan salah satu kampus yang masuk ke dalam daftar 10 kampus terbaik se-Indonesia. Dengan prestasi tersebut tentunya tidak perlu diragukan lagi bahwa perguruan tinggi ini memiliki kualitas yang baik. Tidak jarang pula mahasiswa ITS memenangkan perlombaan-perlombaan inovasi teknologi tingkat internasional.

  1. ITATS (Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya)

ITATS merupakan perguruan tinggi swasta yang ada di Kota Surabaya yang sejak awal berdiri pada tahun 1963 telah berkomitmen pada perkembangan teknologi dengan membuka 3 fakultas pertamanya yaitu fakultas teknologi industry, fakultas sipil dan perencanaan serta fakultas teknologi kelautan.

  1. Untag (Universitas Tujuh Belas Agustus)

Untag juga merupakan perguruan tinggi swasta yang berada di Surabaya. Untag ini memang dulunya merupakan kampus cabang dari Jakarta, tetapi sekarang universitas ini telah berdiri sendiri. Kampus ini adalah salah satu kampus swasta yang terbaik di Surabaya.

  1. UPN Veteran Jawa Timur

UPN menjadi perguruan tinggi yang popular dan banyak diminati oleh para calon mahasiswa, sebab UPN merupakan perguruan tinggi termurah yang ada di Surabaya. Universitas ini terletak di Jalan Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya.

Untuk dapat melanjutkan kuliah di Surabaya, Kalian harus benar-benar bekerja keras dalam belajar, sebab saingan kalian untuk masuk ke beberapa universitas terbaik ini ada ribuan orang. Jadi persiapkan sebaik-baiknya mulai sekarang jika kalian ingin melanjutkan pendidikan lagi.

Prospek Pekerjaan untuk Lulusan Teknik Mesin

Lulusan dari jurusan teknik mesin memiliki prospek pekerjaan yang cukup luas dan bervariasi. Sekarang hampir semua industri otomotis, manufaktur, pertambangan, konstruksi dan lain-lain membutuhkan seseorang yang memiliki keahlian di bidang permesinan. Jika berbicara tentang mesin, jarang kita sadari bahwa keseharian kita tidak pernah lepas dari mesin. Oleh sebab itu, sarjana teknik mesin memiliki peluang besar untuk sukses.