Tanaman Hias yang Hidup di Air

Tanaman membutuhkan media untuk tumbuh. Tanah adalah media yang paling kerap digunakan sebagai media tanam untuk berbagai jenis tanaman, termasuk tanaman hias. Namun, sebagian orang berpikir bahwa menanam menggunakan tanah akan mengotori rumah, terutama jika tanaman hias direncanakan untuk diletakkan di dalam rumah.

Jika Anda termasuk salah satu dari orang-orang tersebut, tidak perlu khawatir karena ada juga tanaman hias yang dapat hidup hanya dengan mengandalkan air sebagai media tanam. Berikut ini beberapa jenis tanaman hias yang hidup di air untuk tanaman indoor.

  1. Tradescantia

Tradescantia alias spiderwort merupakan salah satu tanaman hias dengan batang dan daun tebal. Karakteristik ini membuat tradescantia tidak mudah layu. Selain itu, tanaman hias ini juga memiliki inti akar di setiap simpul daun di sepanjang batangnya. Hal inilah yang membuat tradescantiadapat tumbuh di media air.

Cara menanamnya adalah dengan meletakkan beberapa batang tradescantia ke dalam gelas, vas, maupun stoples yang berisi air dan membiarkan akarnya tumbuh secara perlahan.

  1. Philodendron

Philodendron adalah tanaman hias indoor yang mudah dirawat dan cenderung tidak rewel. Oleh karena itulah tanaman hias ini dapat tumbuh dengan baik sekalipun ditanam di air. Banyaknya varietas dan jenis philodendron membuat tanaman hias ini cocok untuk dikoleksi.

  1. Coleus

Salah satu tanaman hias daun yang dapat tumbuh di media air adalah coleus. Tanaman hias yang satu ini dapat ditanam di air dengan memotongnya kurang lebih sepanjang 15 cm.

Sebelum ditanam, pastikan Anda membuang daun-daun pada bagian batang yang akan direndam, kurang lebih 10 cm. Jika sudah, Anda dapat menanam tanaman hias ini pada vas air atau gelas.

Pembentukan akar pada coleus umumnya membutuhkan waktu beberapa minggu. Meski dapat tumbuh hanya dengan media air, Anda juga dapat menambahkan teh kompos agar coleus yang ditanam tumbuh semakin subur.

  1. Baby tears

Baby tears adalah tanaman hias yang daunnya berukuran kecil. Daun tanaman hias ini tumbuh membentuk alur padat nan halus di sepanjang batangnya. Baby tears termasuk tanaman hias yang sangat mudah beradaptasi. Oleh karena itulah tanaman ini dapat tumbuh hanya dengan media air.

Anda dapat menanam batang baby tears baik yang sudah memiliki akar maupun yang belum di dalam air. Namun, pastikan untuk sering mengganti airnya setidaknya seminggu sekali sehingga daun-daun baby tears yang terendam atau mengambang di air dapat segera dibuang.

  1. Begonia

Begonia memiliki batang yang tebal dan segar. Batang yang tebal inilah yang membuatnya dapat tumbuh dengan baik di air. Anda dapat menanam begonia lilin yang mudah membentuk akar untuk percobaan pertama.

Setelah berhasil, Anda dapat mencoba menanam jenis begonia lain di dalam air seperti begonia tuberous maupun begonia rex yang mewah. Waktu yang dibutuhkan tanaman ini untuk membentuk akar bisa beberapa bulan.

Namun, Anda disarankan untuk mengganti airnya setiap seminggu sekali untuk mencegah pertumbuhan bakteri pembusuk.

Jika daftar di atas menunjukkan tanaman hias yang hidup di air, maka anggrek cattleyaadalah salah satu jenis tanaman yang dapat hidup tanpa media air maupun tanah. Ini karena jenis anggrek tersebut termasuk tanaman epifit yang tumbuh menempel pada berbagai media.

Karena hal inilah anggrek cattleyatetap dapat tumbuh meski hanya ditempelkan pada batang tumbuhan lain.