Sejarah Pulau Harapan

Pulau Harapan menjadi salah satu pulau gugus yang memliki penduduk bahkan memiliki banyak keunikan yang ada di dalamnya. Untuk salah satu contohnya adalah banyaknya sumur warga yang bahkan tidak pernah kering, tidak pernah asin sama seperti beberapa sumur warga ditempat yang lainnya.

Setelah Jepang, Pulau Harapan di Indonesia juga memiliki peran yang sangat penting bahkan menjadi salah satu lokasi penjara bagi sejumlah criminal yang jahat. Tidak lama kemudian, hingga pada akhirnya Indonesai memproklamasikan kemerdekaan. Kemudian, pulau ini menjadi salah satu Rumah Sakit Lepra yang ada di bawah kendali Departemen Kesehatan Indonesia sampai pada tahun 1960.

Ada banyak sejarah dari warga sekitar yang menyebutkan jika banyak cerita unik yang ada di Pulau Harapan ini sendiri yang menyebutkan tentang Pulau Kelapa yang saling bertetangga dengan Oulau Harapan. Dulunya terdapat dua saudara kembar yang berasal dari Mandar Sulawesi Selatan yang terdampar di perairan Kepulauan Seribu. Kedua saudara ini terpisah yang satu di gugusan pulau bagian utara dan yang satu lagi berada di sebelah selatan.

Untuk tahun berganti tahun, pada akhirnya keduanya menikahi sejumlah penduduk setempat dan mulai beranak sampai dengan sekarang. Bahkan menurut ceritanya, si kembar yang diketahui hanya dari pendapat mulut ke mulut bahkan tidak ada bukti maupun keturunan yang akan mengaku dari si kembar itu sendiri.