Pemahaman Akan Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Tengah

Seiring dengan berjalannya waktu, pesantren kini tidak hanya dimanfaatkan untuk memperkuat ilmu agama saja melainkan juga ilmu formal lainnya. Jawa Tengah merupakan propinsi yang menyediakan banyak pesantren terbaik dan menjalin hubungan baik dengan distributor peci kopiah songkok. Dengan banyaknya jumlah pesantren terbaik yang ada di Jawa Tengah, kita kadang kala merasa bimbang untuk menentukan pesantren yang tepat. Karena itulah, mengenal dengan baik pesantren-pesantren yang ada di Jawa Tengah merupakan hal paling tepat untuk kita lakukan.

Pesantren Terbaik di Jawa Tengah yang Terkenal dengan Sistem Pembelajarannya

Darul Amanah menjadi salah satu pesantren di Jateng yang dikenal memiliki sistem pembelajaran yang baik. Pesantren ini dibangun secara modern dan sangat tepat kita pilih jika ingin belajar agama dan ilmu formal secara bersamaan. Kualitas pembelajaran yang dimiliki oleh pesantren ini tidak perlu diragukan lagi. Bakat para santri dapat dipupuk dengan baik melakukan kegiatan ekstrakulikuler yang disediakan oleh pihak pesantren.

Pesantren modern dengan sistem pembelajaran berkualitas dan dibangun secara modern adalah pesantren Modern Selamat. Pesantren yang berada di Kendal ini telah ada sejak tahun 1992 lalu. Pendiri dari pesantren ini adalah H, Selamet Soemadyo. Jika diperhatikan dengan baik, sistem pengajaran yang dilakukan oleh pesantren ini memiliki kesamaan dengan pesantren Gontor. Tak mengherankan jika sistem pembelajaran di pesantren ini memiliki kualitas yang sangat baik. Berikut pesantren di Jawa Tengah lain yang memiliki sistem pembelajaran berkualitas:

  1. Darul Qiyam Gontor 6

Pesantren ini didirikan oleh Hj. Qoyyumi Kafrawi dan memiliki sistem pembelajaran yang jelas. Ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum akan diajarkan oleh pesantren yang berada di Magelang ini. Pesantren ini menyediakan fasilitas berupa kantin, koperasi, asrama, lapangan basket dan lapangan sepakbola.

  1. Pesantren Modern Islam Assalam

Pesantren Islam Assalam telah berdiri sejak tahun 1982. Pesantren yang berada di Magelang ini merupakan lembaga yang didirikan oleh MPI atau Majelis Islam Surakarta. Pesantren yang dibangun secara modern ini merupakan pesantren terbaik yang berlokasi di Jawa Tengah. Pesantren dibangun di atas tanah dengan luas 2.845 m. Ilmu agama di pesantren ini memiliki kualitas yang baik dan layak untuk dipilih.

Pesantren terbaik di Jateng ini menawarkan tingkat pendidikan MTs, SMK, SMA, MA dan SMP. Ada pula SMPT TQS yang diperuntukan secara khusus untuk santri putra. Pesantren yang berlokasi di Malang ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung, seperti:

  • Perpustakaan

  • Pusat kesehatan

  • Laboratorium

  • Lapangan indor dan outdoor

 

  1. Pesantren Askhabul Kahfi

Berdiri sejak tahun 2008, pesantren Askhabul Kahfi menjadi pesantren terbaik lainnya yang ada di Jawa Tengah. Pesantren yang berada di Semarang ini merupakan pesantren paling muda yang ada di propinsi Jawa Tengah. Meskipun terbilang cukup muda, pesantren ini telah memiliki ratusan santri. Yang menjadi kelebihan dari pesantren ini adalah sistem pembelajarannya yang sangat berkualitas. Tidak hanya ilmu agama, pesantren ini juga mengajarkan para santrinya untuk memegang teguh persatuan NKRI. Fasilitas yang disediakan oleh pesantren yang berlokasi di Semarang ini antara lain lima area kampus, sarana olahraga, minimarket, loundry, laboratorium komputer, perpustakaan, SMO, SMK, MTs, MA dan perguruan tinggi.

  1. Al-Muayyad Kudus

Pesantren terkenal di Jawa Tengah dengan sistem pembelajaran yang berkualitas lainnya adalah Al-Muayyad Kudus. Dengan sistem pembelajaran yang dimilikinya, pesantren mampu menarik banyak santri. Pesantren ini menawarkan jenjang pendidikan sekolah dasar, sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah akhir.

Selama menjalankan pendidikan agama di pesantren, para santri juga dapat mengikuti kegiatan ekstrakulikuler yang telah disediakan. Ekstrakulikuler yang dapat diikuti oleh para santri adalah pramuka, futsal, PMR. keterampilan sablon, jurnalistik dan pubic speaking.

 

  1. Amtsilati Darul Fallah

Tidak hanya terbaik di Jawa Tengah, pesantren Amtsilati Darul Fallah dinilai sangat menarik. Bagaimana tidak? Pesantren ini menawarkan program pendalaman kitab kuning dan pemahaman akan Al Quran selama tiga hingga enam bulan. Pesantren yang telah berkembang dengan baik ini mampu menarik banyak minat. Dengan kualitas sistem pembelajaran yang dimilikinya, tak heran jika pesantren ini sangat terkenal di Jawa Tengah.

Guna meningkatkan sistem pembelajaran, pesantren menyediakan beragam jenis fasilitas pendukung. Fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan oleh semua santri. Fasilitas yang ada di dalam pesantren adalah gedung serbaguna, perpustakaan, aula pesanggrahan, pusat medis , taman kedaton, minimarket dan cafe.

Pondok pesantren yang memiliki kualitas baik adalah Addainuriyah 2. Pesantren ini dibangun akibat kegiatan yang selalu dilakukan setiap hari Jumat. Pada kala itu, materi yang disampaikan hanya berkaitan dengan tafsir Al Quran saja. Dengan bertambahnya jumlah pengikut, kegiatan keagamaan berpindah ke hari Seninn. Kajian atau materi kemudian bertambah menjadi materi yang berbeda. Pendirian pesantren kemudian mulai tercetus pada tahun 1989. Pembangunan pesantren berjalan secara bertahap. Pondok pesantren ini kemudian memiliki 3 buah gedung berlantaikan 3 tingkat.

Darul Husna masuk ke dalam jajaran pesantren terbaik yang ada di Jawa Tengah. Lembaga pendidikan agama Islam ini berada di kota Semarang. Unit pendidikan yang dimiliki oleh pesantren terdiri dari SD, SMP dan SMA. Tidak hanya belajar ilmu agama, santri juga akan diajarkan ilmu formal. Pesantren Durroto Aswaja termasuk pesantren terbaik yang berada di Jateng. Pesantren tersebut menjadi pilihan yang tepat bagi para calon santri yang ingin belajar ilmu agama. Pesantren yang lokasinya dekat dengan UNNES ini menyediakan program pendidikan unggulan seperti pengajian kitab, hadrah,  markazul salafi dan seni kaligrafi.

Fasilitas Pesantren Terbaik di Jateng

Pesantren Zamzam Muhammadiyah menjadi jenis pesantren terbaik lainnya yang berada di Jateng. Pesantren yang berlokasi di Banyumas ini menyelenggarakan sistem pendidikan tingkat SMA dan SMP. Serupa dengan pesantren terbaik lainnya, pesantren Zamzam juga menyediakan fasilitas pendukung yang berkualitas. Fasilitas yang disediakan oleh pihak pesantren antara lain hall utama pertemuan, koperasi, kantin, ruang produksi ekonomi, lapangan bola dan laboratorium.

Pesantren terbaik dengan fasilitas pendukung yang lengkap lain adalah pesantren Selamat Kendal. Pesantren ini menyediakan program unggulan yang berkaitan dengan agama Islam. Pesantren ini juga menawarkan pendidikan umum kepada para santri. Lapangan, auditorium, kolam renang, gedung aula, kantin, perpustakaan, koperasi, lapangan, ruang kesehatan dan gazebo menjadi beberapa fasilitas yang disediakan oleh pondok pesantren.

Al-Irsyad menjadi pesantren terbaik lainnya yang dimiliki oleh Jawa Tengah. Pesantren terbaik ini menawarkan pendidikan untuk SMP dan SMA. Sama halnya dengan jenis pesantren lainnya, Al-Irsyad menyediakan fasilitas bagi para santri. Santri nantinya dapat memanfaatkan fasilitas yang ada selama menjalankan sistem pembelajaran. Berikut ini merupakan fasilitas pendukung yang dimiliki oleh pondok pesantren:

  • Minimarket

  • Koperasi

  • Maktabah

  • Kampus terpadu

  • Pelayanan kesehatan

  • Laundry

  • Lapangan

  • Laboratorium komputer

Berbicara mengenai pesantren terbaik yang ada di Jawa Tengah, belum lengkap rasanya jika tidak membahas mengenai As-Salafy Al-Ashor. Pesantren yang mengenalkan pendidikan agama Islam ini menganut empat iman dalam sistem pembelajarannya. Keempat imam tersebut adalah Hambali, Syafi’i, Maliki dan Hanafi. Pesantren ini memiliki tujuan untuk melahirkan santri yang memiliki akhlak terpuji dan menguasai teknologi serta ilmu pengetahuan. Pesantren yang berada di Semarang ini didirikan oleh K. Zubaidi. Pesantren ini juga menyediakan beberapa kegiatan tambahan bagi para santrinya. Ekstrakulikuler yang ditawarkan antara lain pengajian kitab kuning, rebana, pidato dengan menggunakan 3 bahasa, jurnalistik, penjaskes, wirausaha dan keterampilan.

Pesanten Bugen Al-Itiqon menjadi bagian dari pesantren terbaik yang berada di Jawa Tengah. Pesantren yang berada di desa bernama Bugen ini mengajarkan kepada santrinya mengenai tasawuf naqsabandiyyah dan kitab kuning. Pesantren dilengkapi dengan lembaga pendidikan yang berkualitas dan lengkap. Lembaga pendidikan yang dimiliki oleh pesantren antara lain madrasahdiniyyah dan ma’had tafsir. Serupa dengan pesantren yang lain, pesantren ini menyediakan ekstrakulikuler berupa seni rebana, manaqib, istighosah, sorogan, mahtsul masail, tadarus Al Quran dan kaligrafi.

Salafiyyah Al Munawir yang berada di kota Semarang ini merupakan pesantren terbaik lainnya yang ada di Jawa Tengah. KH. Abdullah Minawir merupakan sosok yang mendirikan pesantren ini. Pesantren berdiri di atas tanah dengan luas 1.500 m. Dahulunya, pondok pesantren ini belum memiliki nama. Masyarakat sekitar kemudian menamai pesantren berdasarkan dengan nama sang pendiri. Para santri dapat mengikuti kegiatan tambahan yang terdiri dari kaligrafi, tahfiz Quran, hadrah, diskusi ilmiah, pelatihan pidato dan pengajian kitab kuning.

Pesantren terbaik lain yang dapat kita temukan di Jawa Tengah adalah Luhur Wahid Hasyim. Pesantren ini terus mengalami perkembangan setiap tahun. Kini, pesantren dibangun dengan 3 lantai yang masing-masing lantai diperuntukan bagi santri pria, santri putri dan rumah rusun mahasiswa. Al Hikmah menjadi bagian pesantren terbaik lain yang patut untuk diperhitungkan. Pesantren tersebut berada di kota Semarang dan telah berdiri sejak tahun 2002 lalu. Lembaga pendidikan ini dibangun oleh pemerintah, masyarakat dan sesepuh agama. Sistem pendidikan yang diberikan oleh pesantren ini dilakukan dengan formal dan informal.

Ta’mirul Islam adalah pesantren dengan kualitas terbaik dan telah ada sejak tahun 1928. Pesantren yang berada di Solo ini cukup tua jika dibandingkan dengan pesantren lainnya yang berada di Jateng. Pesantren berhasil berkembang dengan baik ketika memasuki usia 40 tahun. Hal tersebut disebabkan oleh masa penjajahan yang membuat pesantren sulit untuk berkembang. Pesantren ini menyediakan pendidikan formal bagi para santri. Tidak hanya itu, pondok pesantren ini juga sering mengadakan pengajian dan pesantren kilat.

Pondok pesantren di Jawa Tengah yang terbaik dan memiliki kualitas tinggi adalah Al-Muayyad. Sama halnya dengan Ta’miul Islam, pesantren ini juga berada di kota Solo. Pesantren yang didirikan oleh KH Abdul Manan ini memiliki usia yang cukup tua. Pesantren memiliki kurikulum pendidikan berupa tahfidz dan salaf. Kelas sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan SMA merupakan jenjang pendidikan yang disediakan oleh pihak pesantren. Dengan sistem pembelajaran dan fasilitas yang mumpuni, pesantren mampu bertahan hingga saat ini. Itulah beberapa penjelasan mengenai pesantren dengan sistem pembelajaran dan fasilitas terbaik yang berada di Jawa Tengah.