Perbedaan Seragam Security dan Polisi Terbaru

Seragam kerja satuan pengaman ( SATPAM)  atau security  dulu identik dengan warna atasan putih dan celana biru. Akan tetapi belum lama ini sudah berganti menjadi warna coklat. Seragam satpam ini apabila dilihat seperti seragam Polisi.

Seragam Terbaru Security

Sekarang ini, anggota satpam memakai seragam terbarunya berwarna coklat muda untuk atasan dan untuk bawahan adalah coklat tua. Selain itu, seragam tersebut juga mempunyai beberapa atribut kelengakapan seragam misalnya saja tanda kepangkatan. Perubahan dari seragam dinas satpam ini diatur dalam peraturan kepala kepolisian negara Republik Indonesia Nomer 4 Tahun 20220 mengenai pengamanan Swakarsa yang sudah ditandatangani oleh Kapolri Indonesia. Alasan perubahan seragam ini adalah untuk menjalin kedekatan secara emosional dengan para Polisi, menumbuhan kebanggaan Satpam, memuliakan pekerjaan satpam dan juga menambah pergelara fungsi kepolisian di masyarakat.

Perbedaan Seragam  Security dan Polisi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya adalah bahwa seragam Satpam sekarang hampir sama dengan polisi. Persamaan seragam satpam dan polisi menurut Perkap, baik satpam maupun polisi akan sama-sama menggunakan seragam dinas harian seperti kemeja lengan pendek warna coklat dan memakai lap pundak dengan dilengkapi 5 kancing dan kerah tidur.

Selain itu, mereka memakai celana panjang dan rok dengan panjang 5 cm di bawah lutut yang berwarna coklat tua bagi perempuan. Mereka juga harus menggunakan sepatu dan kaos kaki warna hitam dan ada monogram dan papan nama. Dibalik persamaannya, ada juga beberapa perbedaan seragam satpam dan seragam polisi yaitu sebgaia berikut ini.

  1. Tutup Kepala

Tutup kepala seorang security adalah berupa pet yang berwarna coklat tua yang dilengkapi dengan berbagai atribut seperti klep berwarna hitam pita hias untuk jabatan  supervesor ke atas berwarna kuning, staf menggunakan pet berwarna putih, dan anggota berwrna hitam. Knop tali hiasnya berbentuk bundar dengan tambahan simblom emblem satpam. Sementara itu,  tutup kepala pada polisi  berwarna tua dengan emblem Tribrata dan juga dilengkapi dengan klep yang disesuaikan dengan pangkatnya.

  1. Seragam dan Atribut

Untuk antribut satpam menggunakan kopelriem atau disebut juga dengan sabuk hitam dengan dilengkapai gesper yang berwarna kuning. Seragam yang digunakan security, tulisan security terbuat dari kain berwarna dasar putuh dengan penggunaan huruf  yang berwarna hitam, dijahit di atas saku pada bagian dada sebelah kiri. Badge dari kain ini dijahit pada lengan baju kiri yang menunjukan tempat instansi. Ini tanda lokasi yang terbuat dari kain yang dijahit pada bagian lengan atas badge yang mana menunjukan lokasi Polresta yang membawahi operasionalisasin satpam. Bagde Mabes Polri terbuat dari bahan kain yang dijahit dengan lengan baju kanan. Tali peluitnya mempunyai warna hitam.

Pada seragam polisi, dipasangakan dua lencaa dan jasa lainnya, Namun, ini hanya boleh dipakai bagi yang mempunyai hak dan berdasarkan prestasi yang didapatkan. Ada juga lambang bendera merah putih dan juga tulisan INDONESIA yang digunakan pada seragam polisi.

Mungkin bagi orang awam masih sulit membedakan anatra seragam polisi dan satpam. Untuk gambaran sederhanannya adalah sebagai berikut. Perbandingan sederhana dari seragam satpam dan polisi adalah  adanya tulisan satpam dan polisi terletak pada bagian atas saku seragamnya.  Stapam menggunakan tali peluit yang ada di bahu kiri dan kanan. Sementara itu, pada polisi tidak. Perbedaan yang mencolok lagi adalah satpam membawa pentung dan pisau rimba multifungsi, sedangkan polisi tidak.