Penyebab Tape Mobil Hidup Mati

Perangkat audio mobil bagi sebagian besar pengendara merupakan komponen interior mobil yang sangat dibutuhkan dan penting keberadaannya. Lalu lintas yang padat selama di jalan, terjebak kemacetan setelah lelah kuliah atau bekerja, dan merasa penat kala melakukan perjalanan jauh, sudah jelas teman setia adalah sistem audio mobil.

Bisa dibayangkan, apabila di tengah kondisi tersebut, mendadak head unit atau tape mobil rusak, tentu saja akan membuat mood selama perjalanan semakin rusak. Seringkali kerusakan yang terjadi pada tape mobil adalah mati dan hidup secara mendadak dan tidak terprediksi. Tentu hal ini akan membuat siapa saja menggerutu sepanjang perjalanan.

Masalah yang terjadi pada audio mobil sebenarnya tidak bisa disepelekan. Sebab, yang biasa terjadi justru bukan hanya pada komponen-komponen audio saja, namun bisa jadi terdapat masalah yang serius pada sistem kelistrikan secara keseluruhan. Oleh karenanya, penting untuk diperiksa lebih jauh. Lantas, apa penyebab tape mobil hidup mati sendiri?

  1. Sering Mematikan dan Menyalakan Audio Secara Paksa

Cara memperlakukan tape mobil yang satu ini tanpa disadari bisa membuat tape audio rusak, salah satunya mengakibatkan audio mati dan hidup secara tiba-tiba. Pemilik mobil seringkali mematikan mesin mobil tanpa terlebih dahulu mematikan perangkat audio. Alhasil, saat mesin kembali diaktifkan, perangkat audio mendadak mendapat aliran listrik yang besar.

Jika perlakuan yang demikian terus dilakukan, maka beberapa komponen pada sistem audio akan cepat haus. Bahkan, kebiasaan ini juga akan membuat komponen lainnya jebol. Untuk itu, selagi akan mematikan mesin mobil, baiknya matikan terlebih dahulu perangkat audio untuk menjaganya tetap dalam kondisi baik.

  1. Konsleting Arus Listrik

Penyebab yang kedua, bisa jadi karena konsleting arus listrik pada sistem audio. Jika tape yang digunakan masih asli bawaan pabrik dan belum pernah dilakukan pembongkaran, biasanya kecil kemungkinan hal ini terjadi. Sebab, perangkat atau sistem audio memiliki jalur kelistrikan yang socket to socket.

Konsleting ini juga bisa terjadi karena membiarkan sistem kelistrikan pada audio bermasalah terlalu lama dan tidak dibetulkan. Akhirnya, arus listrik menjadi tidak stabil karena aki haus dan alternator tidak mengisi arus listrik ke aki. Yang harus Anda lakukan jika hal ini terjadi adalah membuka kabel dan memastikan arus positifnya tersambung dengan baik ke arus acc mobil.

  1. Kesalahan Dalam Instalasi

Penyebab lainnya yang mungkin terjadi karena pemasangan kabel yang tidak benar. Biasanya ketidaktepatan pemasangan ini terjadi saat pemilik mobil meng-upgrade sistem audio. Kesalahan instalasi yang dimaksud juga termasuk jika Anda memasangkan komponen audio yang ukuran atau kapasitasnya tidak sesuai satu dengan yang lainnya.

  1. Sistem Audio Dipenuhi Debu

Hal ini mungkin kelihatannya cukup sepele, padahal jika didiamkan terus menerus, sistem audio yang dipenuhi debu akan menyebabkan penurunan kualitas. Akibat terparah jika debu sudah memasuki komponen yang terdalam adlaah adalah tape mobil bisa mati dan hidup dengan sendirinya. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu rutin menjaga kebersihan perangkat audio mobil

Beberapa penyebab tape mobil hidup mati di atas tentunya perlu diantisipasi dengan melakukan pembersihan dan perawatan komponen-komponen audio secara rutin. Pasalnya, komponen audio bukan hanya head unit atau tape saja, melainkan ada banyak sekali komponen pendukungnya yang terhubung. Ikutilah kursus mekanik mobil agar bisa mengatasi berbagai permasalahan pada kendaraan Anda.