Yuk Kenali Sistematika Menulis Makalah Tentang Narkoba

Ketika anda melakukan pencarian di internet, tentu saja akan banyak sekali menemukan contoh makalah tentang narkoba. Makalah tersebut biasanya berisikan hal hal terkait pengetahuan dan informasi yang berkaitan dengan narkoba. Akan tetapi, sebelum anda membuatnya ada baiknya untuk mengetahui bagaimana sistematika dalam menulis makalah terlebih dahulu.

Mengenal Sistematika Penulisan Makalah yang Berkaitan Dengan Narkoba

  1. Membuat Cover Makalah dan Kata Pengantar

Hal yang perlu anda lakukan terlebih dahulu di dalam membuat makalah adalah dengan membuat covernya dulu. Pada bagian satu ini, ada beberapa bagian yang perlu anda dan perlu untuk anda perhatikan. Diantaranya adalah judul, logo dari universitas atau sekolah, data lengkap dari penulis yang terdiri dari nama, jurusan, fakultas dan juga tahun makalah tersebut dibuat.

Setelah itu, anda pun bisa melanjutkannya dengan membuat kata pengantar. Pada umumnya, bagian satu ini memang diawali dengan kalimat yakni berupa puji pujian dan juga rasa syukur kepada Allah SWT dan pihak pihak yang turut serta membantu mengerjakan makalah tersebut.

Dalam bagian kata pengantar ini juga menggambarkan sedikit tentang isi dari makalah tersebut. Tak lupa pula, biasanya penulis akan menambahkan harapan dan juga permohonan, baik itu saran dan kritik. Kemudian, barulah isi berikutnya berupa daftar isi agar memudahkan pembaca dalam membuka halaman yang mereka inginkan.

  1. Pendahuluan

Kemudian, sistematika penulisan makalah tentang narkoba berikutnya adalah bagian pendahuluan. Pada bagian ini biasanya akan berisikan tentang gambaran umum dari makalah narkoba yang anda buat. Umumnya, masalah yang akan dibahas akan dipaparkan pada bagian satu ini.

Adapun beberapa hal yang perlu anda tulis pada bagian satu ini adalah terdiri dari latar belakang. Pada sub bab ini akan berisi tentang latar belakang apa yang membuat anda mengangkat isu tentang narkoba. Setelah itu, barulah ke bagian rumusan masalah serta maksud dan tujuan dibuatnya makalah satu ini.

  1. Pembahasan dan Penutup

Setelah bagian pendahuluan, dalam membuat makalah juga memiliki bagian pembahasan dan penutup. Pada bagian pembahasan akan dibahas mengenai isu isu dari permasalahan yang anda ambil tersebut. Kemudian, anda juga bisa memaparkan segala fakta fakta yang telah diperkuat dengan tulisan tersebut.

Ada baiknya anda menyajikan pembahasan dengan referensi yang sesuai untuk mendukung gagasan yang anda kemukakan. Selanjutnya, anda juga perlu menuliskan baba ketiga yakni Penutup. Pada bagian ini biasanya akan dibahas mengenai kesimpulan dari pemaparan yang telah anda jabarkan di dalam bab II. Anda pun juga bisa memberikan saran pada bab satu ini.

  1. Daftar Pustaka dan Lampiran

Selanjutnya, dalam pembuatan makalah yang berkaitan dengan narkoba ini juga membutuhkan daftar pustaka dan juga lampiran. Daftar pustaka sendiri berisikan tentang daftar referensi rujukan yang telah anda ambil di dalam penyusunan makalah tersebut. Adapun referensi tersebut bisa berasal dari mana saja.

Mulai dari skripsi, jurnal hingga buku buku dan juga internet. Namun, di dalam penulisan daftar pustaka ini, anda juga perlu memahami tata cara dan kaidah penulisannya. Selain itu, terdapat pula lampiran yang sebenarnya tidak harus ada. Namun, apabila dalam makalah tersebut terdapat data data, maka anda pun bisa melampirkannya pada bagian ini.

Itulah beberapa hal yang perlu anda tahu ketika ingin membuat atau menyusun makalah yang berkaitan tentang narkoba. Dengan memahami sistematikanya, akan membuat anda lebih mudah di dalam menuliskannya. Hal ini dikarenakan anda telah tahu tahapan penulisan makalah tersebut.