Kolagen Adalah Multivitamin Yang Memiliki Segudang Manfaat Untuk Tubuh, Simak Pengertian Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Banyak dari sebagian orang belum mengetahui mengenai kolagen/ Akhir-akhir ini banyak sekali produk kecantikan yang menawarkan berbagai macam bentuk kolagen mulai dari bentuk makanan, minuman, suplemen, vitamin hingga bentuk lainnya. Kolagen sendiri adalah sejenis protein berserat yang tidak larut dan memiliki segudang manfaat didalamnya. Untuk itu, sebelumnya mari kenali tentang kolagen lebih jauh berikut ini.

Apa Itu Kolagen?

Kolagen adalah sejenis protein yang berserat dan memiliki jumlah yang banyak dan berlimpah di dalam tubuh manusia. Protein yang terdapat dalam kolagen ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh seperti pembentukan tulang, kulit, urat dan berbagai jaringan ikat dalam tubuh yang akan memberikan struktur tubuh yang kuat.

Kolagen terdapat pada bagian tubuh lain seperti pembuluh darah, kornea yang terdapat pada mata, gigi dan berbagai jaringan tubuh lainnya. Seperti halnya sebuah lem kolagen akan merekatkan struktur bagian tubuh menjadi satu bagian kesatuan. Selain itu, kolagen juga berguna untuk memperbaiki jaringan tubuh yang terluka, memperkuat struktur tulang dan lainnya.

  1. Menyembuhkan Luka

Kolagen memiliki manfaat yang sangat bagus untuk seluruh tubuh. Salah satunya adalah untuk memperbaiki struktur tubuh yang rusak. Seperti halnya luka pada tubuh. Kolagen diperlukan untuk membangun jaringan ikat pada tubuh untuk mendukung perkembangan otot, kulit dan tulang yang kuat. Jenis protein kolagen ini akan memperkuat struktur pada tulang, tulang rawan dan ligamen.

Selain itu, kolagen juga memiliki manfaat memperbaiki jaringan pada otot tubuh manusia. Suplemen kesehatan kolagen akan membantu untuk memperbaiki dan mempercepat pemulihan jaringan pada otot dan kulit sehingga luka pada tubuh Anda akan cepat pulih.

  1. Mengurangi Keriput dan Garis Halus

Bertambahnya usia akan membuat produksi kolagen yang ada dalam tubuh menjadi berkurang. Sehingga hal ini akan memunculkan beberapa masalah pada kulit seperti menimbulkan keriput dan garis halus samar pada bagian kulit yang paling banyak bergerak. Biasanya bagian tubuh yang paling banyak muncul seperti di daerah sekitar persendian, daerah sekitar bibir, dahi dan daerah sekitar mata.

Karena hal tersebut ada banyak merk produk kecantikan yang mengandung kolagen. Produk tersebut dapat berupa minuman, makanan, kosmetik atau suplemen. Selain itu ditambah dengan penggunaan krim atau anti-aging dan tabir surya yang memiliki kandungan kolagen akan mengatasi berbagai masalah penuaan diatas.

  1. Mengurangi Selulit Pada Kulit

Manfaat lainnya pada kolagen adalah dapat mengurangi selulit pada kulit langsung dari dalam tubuh. Selulit bisa muncul pada saat jaringan lemak yang mendorong ke atas dan menembus serat sampai ke lapisan teratas kulit. Sehingga kulit akan terlihat memiliki tekstur bergelombang dan terlihat tidak rata.

Protein yang terkandung pada kolagen dapat mengurangi selulit dengan bekerja merangsang atau mempercepat proses perbaikan dan regenerasi sel sel yang terdapat pada jaringan kulit yang rusak. Kolagen dapat membantu menghaluskan tekstur kulit yang disebabkan oleh selulit dengan memperkuat lapisan dermis pada kulit.

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah Untuk Kulit

Manfaat berikutnya pada kolagen untuk kulit adalah memperlancar aliran atau sirkulasi darah yang menuju pada kulit. Semakin lancarnya peredaran darah pada tubuh, maka akan semakin banyak oksigen dan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak terkecuali pada aliran darah untuk kulit.

Hal ini akan menambah dan membuat kulit menjadi lebih sehat, muda dan lebih cerah. Zat yang terdapat pada kolagen akan memperkuat struktur pembuluh darah dan akan meningkatkan kelenturannya. Sehingga, pembuluh darah yang akan mengalir membawa zat dan oksigen akan menjadi lebih kuat sehingga darah akan mengalir ke seluruh bagian tubuh dengan lebih baik, termasuk pada kulit.

  1. Memperkuat Rambut

Selain untuk kesehatan kulit, kolagen juga bermanfaat untuk menjaga kekuatan pada rambut. Jenis asam amino di dalam kolagen akan membentuk sebuah keratin. Keratin adalah protein utama dan paling penting untuk membentuk rambut. Sehingga jika Anda menambah konsumsi suplemen kolagen akan meningkatkan produksi kolagen yang Anda butuhkan

  1. Melindungi Rambut Dari Kerusakan

Jaringan pada kulit seperti folikel merupakan jaringan yang berbentuk seperti kantong kecil yang akan menjadi tempat untuk tumbuhnya rambut nanti. Jaringan folikel ini akan mengalami kerusakan jika tidak dijaga. Stress dan kebiasaan buruk seperti merokok dapat merusak jaringan tersebut.

Kandungan yang ada pada kolagen memiliki manfaat sebagai antioksidan yang kuat untuk tubuh. Selain untuk menjaga rambut untuk tetap kuat,  kolagen juga memperkuat dan melindungi folikel rambut dengan cara antioksidan yang melawan berbagai dampak dari radikal bebas yang akan merusak folikel pada rambut.

  1. Memperlambat Penuaan Uban

Seperti fungsinya sebagai antioksidan pada tubuh, kolagen bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan seperti pembentukan uban pada rambut. Hal ini karena meskipun pembentukan ubah berpengaruh oleh faktor genetik, faktor seperti radikal bebas diatas juga akan mempercepat proses penuaan tersebut. Sehingga antioksidan yang terdapat pada kolagen akan memperlambat proses penuaan pembentukan uban tersebut.

  1. Menjaga Kekuatan dan Pertumbuhan Kuku

Manfaat berikutnya yang didapat pada kolagen untuk tubuh adalah menjaga pertumbuhan kuku dan kesehatan pada kuku. Kolagen tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan pada kulit tetapi juga bermanfaat menjaga agar kuku lebih kuat, tampak indah dan sehat. Jika Anda mengkonsumsi suplemen kolagen yang baik maka kuku Anda akan terjaga dan tak mudah rapuh.

  1. Berguna Untuk Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat lainnya yang terdapat pada kolagen adalah untuk menyehatkan sistem pencernaan. Kandungan pada kolagen akan menyehatkan bagian sistem pencernaan. Kolagen pada jaringan ikat usus yang terdapat di pencernaan akan memperkuat lapisan pelindung pencernaan. Selain itu, kolagen juga dibutuhkan untuk membantu proses pencernaan dan penyerapan air yang terdapat pada usus.

  1. Meningkatkan Elastisitas dan Kelembaban Kulit

Manfaat terakhir yang sudah banyak diketahui orang adalah kolagen dapat membantu untuk meningkatkan elastisitas dan kelembaban pada kulit.  Kolagen memiliki kandungan zat yang dapat merawat kulit seperti memberi kekenyalan dan elastisitas pada kulit. Sehingga kulit akan menjadi lembab secara alami dan tidak terlihat kering dan kusam.

Daftar Makanan Yang Dapat Meningkatkan Produksi Kolagen didalam Tubuh

  1. Kaldu Tulang

Kaldu pada tulang yang biasanya diolah menjadi rebusan tulang bermanfaat untuk pembentukan kolagen pada tubuh. Jaringan ikat di dalam kaldu pada tulang kaya akan kolagen, serta kandungan penyusun lainnya seperti kalsium, fosfor, asam amino dan kondroitin. Bahan bahan tersebut akan membantu memproduksi kolagen alami pada tubuh Anda.

  1. Tulang Rawan Pada Ayam

Sumber makanan yang dapat mempercepat pembentukan kolagen didalam tubuhi adalah tulang rawan yang terdapat pada ayam. Tulang rawan merupakan salah satu sumber kolagen utama yang terbaik dan terdapat pada makanan. Terutama untuk penderita atau masalah pada sendi. Hal ini akan bermanfaat sebagai suplemen untuk memperkuat struktur sendi tubuh Anda.

  1. Putih Telur

Siapa yang tidak mengenal dengan makanan telur? Makanan ini sangat umum dijumpai pada kehidupan sehari-hari. Untuk mempercepat pembentukan kolagen, makanan putih telur ini memiliki zat bergizi seperti asam amino untuk membentuk sel kolagen pada tubuh, sehingga proses pembentukan sel kolagen Anda akan lebih cepat dari biasanya.

  1. Sayuran Hijau

Makanan lain yang akan membantu pembentukan kolagen pada tubuh adalah berbagai sayuran yang berwarna hijau. Sayuran hijau tersebut seperti bayam, kale, brokoli, sawi dan berbagai jenis sayuran lainnya. Di dalam sayuran hijau, yang kaya akan klorofil dan berbagai zat bergizi diyakini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen pada tubuh terutama pada kulit.

  1. Kacang-kacangan

Kebanyakan berbagai jenis kacang-kacangan memiliki kandungan yang kaya akan asam amino, dimana asam amino sendiri dapat membantu mempercepat pembentukan kolagen di dalam tubuh. Mengkonsumsi kacang-kacangan akan menyediakan bahan dan zat yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai pembentuk jaringan kolagen tersebut.

  1. Jeruk

Buah buahan seperti jeruk dan citrus kaya akan sumber vitamin C. dimana vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan pro kolagen, maka tak heran jika banyak produk kecantikan mulai dari kosmetik, minuman kecantikan yang mengklaim sebagai sumber vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Anda juga bisa mendapatkan kebaikan vitamin C langsung dari buahnya, seperti buah jeruk, lemon, jeruk nipis dan limau.

  1. Bawang Putih

Jika perawatan tidak diimbangi dengan produksi kolagen di tubuh yang cukup, maka penguraian kolagen pada kulit akan mempercepat proses penuaan pada kulit. Yang akan menyebabkan timbulnya kerutan, keriput dan garis halus pada kulit. Kandungan pada bawang putih, yakni mineral sulfur dapat membantu mencegah atau memperlambat proses penuaan kolagen.

Suplemen Penambah Kolagen

Apabila asupan kolagen yang terdapat pada berbagai macam pilihan makanan di atas masih belum untuk mencukupi kebutuhan kolagen perhari, maka Anda dapat mengambil solusi dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung kolagen. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk pemilihan produk suplemen kolagen yang cocok untuk tubuh.

Saat memilih jenis kolagen, tentunya yang harus dilakukan adalah menyesuaikan dengan fungsi dengan manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh. Jangan sampai memilih asal-asalan minuman kolagen dan akan menimbulkan efek samping berbahaya bagi tubuh. Jika Anda mencari produk kolagen untuk kesehatan dan kecantikan kulit pilihlah kolagen tipe 1 dimana biasanya diklaim dan bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Jika Anda mencari kolagen untuk memperkuat kesehatan sendi maka pilihlah kolagen dengan tipe 2 dimana kolagen tipe tersebut berperan untuk pembentukan tulang dan kesehatan tulang. Anda hanya perlu mengecek tabel gizi dan biasanya tertulis jelas pada kemasan. Pastikan Anda sebelum memutuskan memilih suplemen penambah kolagen lihatlah keamanan produk tersebut dengan mengecek terdaftar BPOM dan melihat tabel gizi didalamnya.

Demikian penjelasan mengenai kolagen sebagai multivitamin yang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Kolagen sendiri merupakan zat yang  dapat diproduksi langsung oleh tubuh maupun banyak dijumpai pada sumber makanan yang akan membantu mempercepat pembentukan kolagen. Untuk meningkatkan produksi kolagen, Anda bisa meningkatkan asupan konsumsi makanan di atas untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit.