Khasiat Buah Jambu Biji Berdasarkan analisis kesehatan

Jambu biji (Psidium guajava Linn) berasal dari Amerika Tengah. Tanaman ini dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Umumnya ditanam di pekarangan dan di ladang.

Pohon jambu biji merupakan tumbuhan perdu yang banyak bercabang, tingginya dapat mencapai 12 m. Jumlah buah yang diameternya bervariasi dari 2,5 cm sampai lebih dari 10 cm.

Beberapa jenis jambu biji yang diunggulkan antara lain Jambu Mete Bangkok, Jambu Mete Palembang, Jambu Sukun, Jambu Apel, Jambu Sari, Jambu Biji dan Jambu Getah. Dari berbagai jenis jambu biji tersebut berikut ini kami rangkum manfaat buah jambu biji dari hasil analisis kesehatan.

  1. Kandungan vitamin C baik sebagai antioksidan

Di antara berbagai jenis buah-buahan, jambu biji mengandung vitamin C paling tinggi dan mengandung cukup vitamin A. Dibandingkan buah-buahan lain seperti jeruk yang memiliki kandungan vitamin C 49 mg/100 g bahan, kandungan vitamin C jambu biji 2 kali lipat. Vitamin C sangat baik sebagai antioksidan.

  1. Menurunkan kolesterol

Selain sebagai pemasok vitamin C yang dapat diandalkan, jambu biji juga kaya akan serat, terutama pektin yang dapat digunakan untuk bahan pembuatan gel atau jelly. Manfaat lain dari pektin yaitu untuk menurunkan kolesterol yang mengikat kolesterol dan asam empedu dalam tubuh dan membantu pengeluaran.

Studi yang dilakukan Singh Medical Hospital and Research center Morrabad, India menunjukkan tentang manfaat buah jambu biji yang ternyata bisa menurunkan kolesterol total dan trigliserida darah serta tekanan darah pasien hipertensi esensial.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung hingga 16%

Jambu biji juga mengandung potasium, yang berfungsi untuk meningkatkan keteraturan detak jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman nutrisi lain ke sel-sel tubuh, mengontrol keseimbangan cairan di jaringan dan sel tubuh.

Penelitian yang dilakukan Singh Medical Hospital & Research Center Morabad, India menunjukkan bahwa jambu biji dapat menurunkan kolesterol total dan trigliserida darah serta tekanan darah pasien hipertensi. Karena kandungan likopen yang tinggi inilah, di Indonesia jus buah jambu biji sering digunakan untuk meningkatkan kadar trombosit penderita demam berdarah.