Di dalam agama islam, doa merupakan suatu bentuk ibadah yang telah menjadi suatu rutinitas sehari hari.  Sebagai umat muslim, memanjatkan doa di waktu waktu tertentu sangat dianjurkan. Salah satu waktu tersebut adalah ketika turunnya hujan. Ingin tahu mengenai keutamaan membaca doa turun hujan? Yuk simak informasi lengkapnya disini!

Keutamaan Membaca Doa Pada Saat Turun Hujan Beserta Dalilnya

Salah satu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad pada semasa hidupnya adalah doa saat hujan. Nabi mengajarkan untuk membaca doa tersebut karena pada saat hujan turun terdapat rahmat dari Allah yang turun juga. Tak hanya itu saja, terdapat pula yang mengatakan bahwa saat hujan merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa.

Hal tersebut disebutkan dalam Hadits riwayat Al Hakim dan Al Baihaqi yang memiliki arti, dua doa yang tidak akan ditolak yakni doa ketika adzan dan doa pada saat turunnya hujan. Berdasarkan arti dari dalil hadits tersebut, menjelaskan bahwa umat muslim dianjurkan untuk berdoa supaya doa yang dipanjatkan dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

Nabi mengajarkan untuk membaca doa pada saat hujan turun dengan bacaan yang berbunyi “Allahumma shoyyiban nafi’an” yang memiliki arti Ya Allah, turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat. Selain itu, bacaan doa tersebut juga dijelaskan dalam hadis riwayat Bukhari no. 1032.

Itulah deretan informasi mengenai keutamaan membaca doa pada saat turun hujan. Dengan adanya informasi tersebut, semoga dapat menambah wawasan pengetahuan agama anda. Sehingga, pada saat turun hujan, anda dapat memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk mendapatkan ridho dan rahmat Nya.

 

Kategori: