Keselamatan Kerja Di Laboratorium Biologi

 

Tahu ndak sih penting banget menggunakan jas lab ketika berada di laboratorium? Jas lab sangat penting untuk dipakai ketika berada di laboratorium,karena jas lab ini berguna untuk keselamatan diri kita sendiri. Ada banyak sekali bahan kimia yang berbahaya yang bisa merusak kulit jika tersentuh bahan tersebut yang ada di laboratorium,maka dianjurkan agar kita menggunakan jas lab agar terhindar dari hal yang tidak kita inginkan ketika berada di lab biologi.  Maka dari itu dengan menggunakan jas lab maka kita juga menerapkan K3 yaitu keselamatan dan kesehatan kerja.

Pentingnya Menggunakan Jas Lab Ketika Berada di  Laboratorium

Di laboratorium biologi,yang kita lakukan tentu saja yang berkaitan dengan mata pelajaran biologi,seperti dalam bab organ hewan yang pastinya dalam mata pelajaran ini akan dihadapkan langsung dengan organ hewan. Seperti belajar tentang organ katak, jadi dalam praktikum ini akan mempelajari organ-organ katak secara langsung di laboratorium biologi, karena pastinya di dalam lab tersebut sudah ada peralatan yang memadai untuk keberlangsungan riset ini.

Jas lab ketika praktikum tersebut digunakan agar baju dan kulit pemakai jas tidak kotor terkena darah hewan tersebut,dan melindungi si pemakai agar tidak terkena bahan atau alat yang digunakan ketika riset dilakukan. Dan tentunya ketika memakai jas lab kebanyakan orang akan terlihat lebih stylish dan keren,karena kita tahu sendiri kalau memakai jas lab akan terlihat seperti anak yang pandai yah meskipun tidak terlalu pandai aslinya. Itu cuma dilihat dari segi penampilan saja,padahal ada makna yang sangat penting untuk memakai jas lab tersebut apalagi ketika sedang praktikum di laboratorium.

Warna putih sangat identik dengan jas lab,karena dengan warna putih seseorang akan mudah mengenali noda yang menempel di jas tersebut, dan agar bisa mengantisipasi hal hal yang bisa membahayakan keselamat pemakai jas tersebut. Selain itu warna putih diapakai untuk menyimbolkan harapan,karena yang memakai jas ini bukan lah orang orang biasa melainkan orang orang pilihan yang diharapkan bisa memberikan kontribusi yang besar kepada masyarakat luas.

Jangan Makan atau Memakan Sesuatu yang Ada di Laboratorium

Tentu kita tahu kalau di laboratorium adalah tempat untuk praktikum bukan kantin tempat kita makan,di laboratorium ada banyak sekali zat yang kita tidak tahu kegunaan dan efeknya, maka dari itu kita harus ekstra hati-hati ketika berada di laboratorium. Sebelum praktikum dimulai pasti orang yang faham akan apa saja yang ada di laboratorium akan menjelaskan apa saja yang akan kita butuhkan ketika praktikum berlangsung,dan bagaimana sistematis praktikum itu dilakukan.

Ditakutkan jika kita makan di laboratorium maka akan terkontaminasi baik itu makanan kita atau zat zat yang ada di laboratorium. Belum lagi kalau ternyata makanan yang kita makan tercampur oleh zat yang seharusnya tidak masuk ke tubuh kita. Lebih baik mencegah dari pada mengobati,mungkin pepatah itu yang diterapkan ketika kita berada di laboratorium dan juga untuk menjaga kita dari kecelakaan-kecelakaan yang mungkin bisa terjadi dikarenakan makanan yang kita bawa.

Peraturan dibuat untuk dipatuhi dan tentu di setiap peraturan pasti dibuat untuk kebaikan bersama dengan mempertimbangkan banyak hal pula ketika membuat sebuah peraturan. Dengan menjaga peraturan ini maka kita bisa meminimalisir kecelakaaan di laboratorium dan pasti melindungi kita dari hal yang tidak kita inginkan. Pada intinya keselamata kerja adalah suatu hal sangat penting karena dalam hal ini akan menyangkut berbagai aspek seperti jika ada yang kecelakaan ketika berada di laboratorium maka keseimbangan pembagian kerja akan tidak imbang lagi,dan masih banyak lagi contohnya.