Gaji Pegawai Imigrasi Lulusan Poltekim

Politeknik Imigrasi atau lebih dikenal dengan nama Poltekim merupakan salah satu sekolah kedinasan yang berada dibawah naungan Kementerian Hukum dan HAM. Dan banyak orang tertarik untuk mendaftar di Poltekim karena dikabarkan lulusan Poltekim akan mendapatkan karir yang jelas. Terutama akan bekerja di kantor Imigrasi. Lalu berapa sih sebenarnya gaji pegawai imigrasi lulusan Poltekim?

Berikut ini akan kami sajikan informasi ringkas tentang Piliteknik Imigrasi dan penjelasan tentang gaji pegawai imigrasi lulusan Poltekim. Sehingga kamu nantinya akan mendapatkan gambaran ketika bersekolah di Poltekim dan setelah lulus bisa mendapatkan gaji berapa saat bekerja di Poltekim.

Apa Saja Jurusan Yang Ada di Politeknik Imigrasi

Saat melakukan pendidikan di Politeknik Imigrasi, kamu akan mendapatkan 3 kurikulum. Kurikulum Poltekim terdiri dari kurikulum pengajaran yang mengajarkan teori dan praktek seperti kuliah pada umumnya yang dilaksanakan di hari Senin sampai Rabu.

Kurikulum kedua adalah kurikulum pelatihan yang langsung menerapkan teori di lapangan yang dilaksanakan di hari Kamis dan Jumat. Kurikulum ini mempelajari Bahasa Inggris, Bahasa Belanda, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, Kesenian, Taekwondo dan Karate.

Kurikulum ketiga adalah kurikulum pengasuhan yang berisi bimbingan belajar dengan tujuan untuk menanamkan dan mengamalkan nilai budaya bangsa Indonesia.

Di dalam Poltekim terdapat 4 jurusan yang bisa dipilih :

1. D4 Manajemen Teknologi Keimigrasian

Jurusan Managemen Teknologi Keimigrasian akan mempelajari ilmu seperti rekayasa informasi, manajemen bisnis, dan teknologi informasi. Selain itu, di jurusan ini juga mempelajari tentang jaringan komputer, konsep bisnis dan manajemen, basis data, dan sistem operasi.

2. D4 Administrasi Keimigrasian

Jurusan Administrasi Keimigrasian akan ditunjukan untuk mempelajari tentang manajemen publik, kebijakan publik, administrasi publik, dan ilmu kepemerintahan. Mata kuliah yang diajarkan di jurusan ini seperti kontrol imigrasi, administrasi keimigrasian, dan tata kelola perbatasan negara.

3. D4 Hukum Keimigrasian

Jurusan hukum keimigrasian cocok untuk kamu uang ingin belajar tentang undang-undang lalu lintas di Indonesia, persyaratan keluar masuk negara, pengawasan orang asing di Indonesia, kewenangan pemerintah, hak-hak warga negara, tindak pidana, permbuatan izin tinggal dan hukum keimigrasian.

4. D3 Keimigrasian

Jurusan Keimigrasian akan mengajarkan kemampuan tentang penerapan, pengebangan, pengetahuan dan ketrampilan teknis tentang keimigrasian.

Setiap tahun, para Taruna dan Taruni Poltekim akan melakukan kegiatan praktek lapangan di kantor Imigrasi atau kantor pemeriksaan imigrasi.

Prospek Kerja Politeknik Imigrasi

Setelah diterima menjadi taruna dan taruni di Poltekim maka wajib untuk menjalankan program asrama selama masa pendidikan dengan waktu sekitar 4 tahun untuk yang mengikuti program studi D4 dan program studi D3 selama 3 tahun. Semua fasilitas yang didapatkan saat masuk poltekim adalah gratis biaya pendidikan hingga lulus, makan, seragam, pasiar tiap minggu, uang saku bulanan, panahan, gym, lapangan tenis, lapangan futsal, lapangan voli, lapangan basket, lab bahasa, lab komputer, lab keimigrasian dan perpustakaan.

Setelah lulus, Taruna Taruni Poltekim akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Imigrasi dan langsung menjadi ASN. Lulusan Poltekim bisa bekerja di Direktorat Jenderal Imigrasi, Kantor Imigrasi, atapun bekerja di Bandar Udara yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Gaji Pegawai Imigrasi Lulusan Poltekim

Ketika bekeja di tempat yang disebutkan di atas Gaji Pegawai Imigrasi Lulusan Poltekim adalah sekitar Rp 2,5 juta, ditambah tunjangan  Rp 1,9 juta hingga Rp 27,5 juta tergantung dari jabatan dan masa kerjanya.

Jika kamu tertarik mendaftar di POLTEKIM karena prospek kerja dan gaji yang tinggi. Sebelum proses seleksi dan tes masuk POLTEKIM kamu wajib ikut BIMBEL POLTEKIM.