Cara Tanam Tomat dengan Mudah untuk Pemula, Anti Gagal!

Tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang biasa digunakan untuk berbagai masakan. Ada juga yang mengonsumsinya sebagai lalapan atau diolah menjadi jus, karena rasanya yang nikmat. Selain mudah diperoleh di mana saja, ternyata tomat juga mudah untuk ditanam sendiri di rumah. Berikut cara tanam tomat dengan mudah yang cocok untuk pemula.

Cara Menanam Tomat yang Mudah Dilakukan

  1. Siapkan Lahan atau Media Tanam

Anda perlu menentukan lahan yang pas untuk menanam tomat dari biji. Apabila ditanam di lahan rumah, tidak perlu terlalu luas. Cukup pilih area yang tanahnya memiliki drainase baik dan mendapat sinar matahari penuh. Selain itu, anda juga bisa menggunakan pot yang sudah diberi lubang drainase di bagian bawahnya sebagai media tanam.

  1. Pilih Biji Tomat yang Berkualitas

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu memilih biji tomat berkualitas, karena ini nantinya menentukan hasil panen. Jadi carilah biji tomat yang tidak busuk, untuk jenisnya dapat disesuaikan dengan selera. Dan waktu terbaik menanam biji tersebut adalah pada akhir musim hujan untuk lahan kering.

  1. Menanam Tomat

Ketika sudah mengantongi biji tomat yang berkualitas, anda bisa mulai menanamnya di lahan yang sudah disiapkan. Kemudian tanam tomat dengan tingkat kedalaman sekitar 30 cm dan jarak antar tanaman sekitar 60 cm, lalu jangan lupa dicampur dengan pupuk kompos.

  1. Panen

Jika sudah terlihat berubah warna dan ranum, biasanya setelah 60 sampai 100 hari, anda bisa panen tomat. Tomat yang bagus untuk dipetik adalah warnanya sangat merah dengan tekstur keras.

Itu dia cara menanam tomat sampai panen, yang mana dapat dilakukan oleh siapa saja di rumah karena langkahnya termasuk begitu mudah dan cepat. Apabila anda melihat ada tomat yang sudah rontok sebelum terlihat matang, anda cukup masukkan ke dalam kantong kertas dan menunggunya matang sendiri.