Cara Pasang Gas LPG yang Baik dan Benar

Kita cukup sering mendengar beberapa berita seputar kebakarang yang diakibatkan oleh tabung gas yang meledak. Tabung gas bisa meledak jika cara pemasangannya tidak benar. Karena itulah sebagai masyarakat yang setiap saat menggunakan gas LPG untuk keperluan memasak, Anda harus tahu bagaimana cara pasang gas LPG yang baik dan benar untuk keselamatan Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Hal ini cukup memprihatinkan karena sebagian besar masyarakat kita sudah menggunakan gas LPG, namun ada juga sebagian dari mereka yang belum tahu langkag-langkah dalam memasang gas LPG yang aman. Ada yang asal memasang dan ada pula yang menggunakan perlengkapan seadanya. Hal inilah yang menjadi penyebab terbesar kebakaran yang terjadi akibat ledakan gas.

Sebenarnya memasang gas LPG harus sesuai prosedur dan menggunakan peralatan yang sesuai dengan standar. Karena memasang gas LPG yang sesuai dengan prosedur juga merupakan hal penting agar tidak terjadi kebakaran akibat ledakan gas. Jadi, bagaimana cara memasang gas LPG yang baik dan benar? Hal pertama yang Anda lakukan adalah menghubungkan aliran gas dari tabung ke kompor gas. Tapi perlu diingat bahwa menghubungkan aliran ini tidak bisa sembarang. Tahap ini perlu dilakukan dengan baik dan benar supaya aman. Setelah itu Anda harus mengetahui bagaimana cara memasang regulator gas LPG ke tabung gas. Bukalah segel plastik yang ada pada tutup tabung gas. Tabung gas LPG yang baik tentunya mempunyai segel pada tutupnya. Jika Anda membeli tabung gas LPG tanpa segel, bisa jadi kualitas gas di dalamnya tidak baik.

Saat segel sudah dibuka, pasang pelindung karet atau rubble seal pada tabung gas. Rubber seal berwarna merah dan berbentuk seperti cincin kecil. Pelindung karet inilah yang akan menjaga kebocoran gas. Setelah itu, regulator harus dipasang dengan benar yaitu berada di posisi yang tepat di atas lubang tabung gas. Regulataor harus berada dalam posisi yang tegak lurus. Jika regulator dalam keadaan miring, maka bisa terjadi kebocoran gas pula. Setelah sudah terpasang dengan benar dan aman, maka kunci regulator. Gunakan tuas yang berwarna hitam lalu putar ke arah kanan. Pastikan tidak ada kebocoran gas yang terjadi. Bagaimana cara mengecek kebocoran gas? Cek pada regulator apakah keluar aroma gas atau tedengar suara desisan. Jika tidak ada hal tersebut, berarti regulator sudah terpasang dengan benar. Jika Anda masih tidak yakin, maka Anda dapat menyalakan kompor gas apakah menyala dengan normal atau tidak. Jika saat menyala tidak ada bau gas, tidak ada bunyi desisan, dan kobaran api tampak normal seperti sebelumnya, maka berarti Anda sudah aman.

Perlu diketahui bahwa memasang regulator pada tabung gas LPG harus benar-benar dilakukan dengan benar. Jika tidak, maka akan terjadi kebocoran gas, kebakaran, dan ledakan dari tabung gas. Untuk menghindari kejadian ini, maka selalu gunakan regulator gas LPG yang sesuai dengan standar SNI. Fungsi dari regulator adalah untuk mengalirkan gas dari tabung ke kompor gas. Regulato mempunyai molecular sieve yang berfungsi untuk menstabilkan tekanan. Kami jual molecular sieve dengan kualitas terbaik.

Regulator yang baik tentunya dapat mengalirkan gas dengan baik pula. Anda bisa menggunakan kompor gas Anda denga naman untuk keperluan memasak dan lainnya. Pastikan pemasangan regulator dilakukan dengan benar. Selain itu, selalu ingat untuk mematikan kompor gas yang tidak digunakan karena dapat menimbulkan keracunan gas.