Cara Meredakan Sakit Haid Yang Efektif dan Sederhana

Siklus haid yang teratur adalah tanda bahwa kesehatan reproduksi wanita dalam kondisi baik, tetapi kram atau sakit haid bisa membuat banyak wanita merasa tidak nyaman, bahkan menjadi lebih cepat marah. Agar saat haid tidak lagi menyakitkan, kamu bisa menerapkan cara meredekan sakit haid yang efektif dan sederhana berikut ini.

Cara Meredakan Sakit Haid Yang Efektif dan Sederhana

Dismenore sering disertai dengan rasa sakit yang tidak nyaman di bagian punggung bagian bawah atau di bagian kaki bagian atas. Hal ini sering terjadi sebelum atau selama siklus menstruasi . Langkah-langkah berikut telah berhasil diterapkan oleh banyak wanita, sebagai cara meredakan kram atau sakit haid secara signifikan.

1. Hangatkan perut bagian bawah

Suhu dingin bisa menjadi penyebab kram atau rasa sakit haid menjadi lebih parah dengan menyebabkan kontraksi rahim yang tidak normal. Sehingga bisa mengurangi sirkulasi darah dengan normal. Jika tubuh kedinginan, tidak hanya nyeri haid yang lebih parah, tetapi kesehatan reproduksi wanita juga akan terpengaruh.

Oleh karena itu, sebelum atau selama siklus menstruasi, wanita disarankan untuk menghangatkan perut bagian bawah dengan metode kompres panas. Caranya bisa menggunakan botol air panas atau kompres khusus.

Selain itu, wanita saat haid juga harus mandi air hangat, untuk menghindari masuk angin saat menstruasi. Selain itu juga bermanfaat untuk mengatur tubuh, meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi nyeri dan sakit haid.

2. Pijat perut

Ketika dismenore terjadi, pijatan lembut pada perut dengan gerakan melingkar terus menerus di perut bagian bawah memiliki efek penghilang dan pereda rasa sakit yang signifikan. Melakukan pijatan perut yang tepat akan mengendurkan otot perut yang kencang akibat siklus menstruasi. Sehingga dapat mengurangi kontraksi rahim yang tiba-tiba yang merupakan penyebab utama nyeri saat haid.