Cara Menyembunyikan Like di Instagram

Apakah Anda salah satu pengguna Instagram yang sangat mementingkan jumlah ‘like’ setelah mengunggah konten? Mungkin hal ini bukan hanya dirasakan oleh Anda, melainkan banyak pengguna Instagram lainnya. Bahkan, banyak dari mereka yang merasa stres hingga depresi karena konten-konten yang diunggah tak kunjung mendapatkan jumlah yang banyak dari pengguna lainnya.

Ya, jumlah like pada sebuah unggahan selama ini kerapkali dinilai sebagai tanda seseorang pemilik konten berpengaruh. Fitur ini juga kerap dianggap mengganggu kesehatan mental para pengguna media sosial, khususnya Instagram. Untuk mengatasi hal ini, Instagram resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan jumlah ‘like’ di platform media sosialnya.

Bukan hanya Instagram yang secara resmi menggunakan fitur ini, ada juga Facebook yang menerapkan hal serupa. Fitur ini sudah bisa dinikmati oleh seluruh dunia, tetapi kemunculannya secara berkala, serupa dengan kemunculan fitur-fitur sebelumnya. Kedua perusahaan media sosial besar ini telah menguji fitur ini sejak 2009.

Fitur ini sebenarnya tidak membuat jumlah like betul-betul hilang, tetapi hanya disembunyikan secara private pada konten yang diunggah. Sehingga, jika Anda mengaktifkan fitur ini, pengguna lainnya yang melihat konten tidak dapat melihat jumlah like, namun pemilik akun tetap bisa melihat jumlah like yang didapatkan pada konten yang diunggahnya.

Cara Menyembunyikan Like di Instagram

Lantas, bagaimana cara menyembunyikan like di Instagram?

  1. Buka aplikasi Instagram di perangkat iOs atau Android Anda.

  2. Lakukan login terlebih dahulu untuk dapat masuk ke akun Anda.

  3. Setelah halaman utama terbuka, klik profil di bagian pojok kanan bawah.

  4. Klik ikon tiga garis di pojok kanan atas untuk meluncur ke menu pengaturan akun.

  5. Setelah itu, pilihlah menu ‘Settings/Pengaturan’, kemudian klik ‘Privacy’.

  6. Klik opsi ‘Posts’ pada menu ‘Interactions.

  7. Setelah opsi ini terbuka, maka Anda akan melihat toggle ‘Hide Like and View Counts’ pada bagian paling atas opsi ini.

  8. Di sini, Anda hanya perlu menggeser toggle tersebut ke arah kanan untuk mengaktifkan fitur ‘sembunyikan jumlah like’.

  9. Selesai. Instagram secara otomatis menyembunyikan jumlah like.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, selanjutnya Instagram akan menyembunyikan jumlah like pada postingan konten Anda secara otomatis. Perlu diingat, cara ini hanya akan berlaku untuk unggahan baru. Artinya, jumlah like pada postingan konten sebelum diubahnya pengaturan ‘sembunyikan konten’, masih akan dapat terlihat oleh pengguna lainnya.

Jika Anda ingin menyembunyikan juga jumlah like pada konten lama Anda sebelum diubahnya pengaturan, mungkin saja dilakukan. Tetapi, caranya berbeda dengan cara menyembunyikan like di Instagram seperti yang dituliskan di atas. Caranya, Anda harus mengaktifkan fitur baru ini secara manual pada setiap unggahan konten yang ingin disembunyikan jumlah like-nya.

Itulah tadi cara yang bisa dilakukan untuk menyembunyikan jumlah like pada akun Instagram Anda. Terkadang, memang jumlah like dibutuhkan, apalagi bagi Anda yang menggunakan Instagram untuk berbisnis, menjual karya, atau mempromosikan produk. Jika ingin like Anda banyak, Anda bisa menggunakan SMM Panel untuk cara yang instan dan efektif.

SMM Panel Indonesia merupakan suatu wadah marketing untuk media sosial yang menjual layanan SEO hingga layanan media sosial, seperti followers dan like Instagram, Facebook, dan sebagainya. Platform ini menyediakan layanan yang lengkap dan sangat berguna, khususnya bagi pebisnis di media sosial. Dengan menggunakan SMM Panel Indonesia terbaik, akun Anda menjadi semakin populer.