Cara menyalakan lampu keyboard laptop tidaklah sulit. Terlebih ketika pengguna sudah memaksimalkan windows 10.

Belakangan ini, laptop modern sudah dilengkapi dengan fitur backlight. Fitur ini disematkan untuk membantu pengguna ketika mengetik sesuatu dalam keadaan minim cahaya.

Masalahnya, fitur ini tidak berfungsi sebelum dilakukan pengaturan. Karena secara default, sistem windows mematikan fitur ini secara otomatis.

Beruntungnya, pengguna masih bisa mengatasinya. Tentunya dengan memanfaatkan fitur bawaan yang disematkan dalam windows 10 itu sendiri.

Di sini, Kami akan menunjukkan bagaimana cara menyalakan lampu keyboard laptop. Cara ini sekaligus dapat mengatur lama dari lampu keyboard menyala. Jika ini yang Anda harapkan, mari simak caranya di bawah ini.

Menyalakan Lampu Keyboard dengan Windows Mobility Center

Windows mobility center termasuk bagian dari windows itu sendiri. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat informasi spesifik dar sebuah hardware. Tidak terkecuali dengan backlight.

Fitur ini pun memungkinkan user untuk melakukan sejumlah pengaturan. Contohnya mengatur nyala lampu backlight sesuai waktu yang diinginkan. Untuk melakukannya, langkahnya sebagai berikut.

  • Tekan ikon windows
  • Ketik Control Panel dan masuk ke dalamnya
  • Buka menu Hardware and Sound
  • Buka Windows Mobility Center
  • Temukan menu Keyboard backlighting
  • Klik tab untuk opsi tambahan
  • Enable pada opsi Keyboard Lighting menjadi on
  • Sementara pada Keyboard Brightness, pilih bright
  • Pada menu dropdown pengaturan, silahkan atur berapa lama lampu akan menyala
  • Klik OK

Yang perlu digarisbawahi, pengaturan yang dilakukan akan membuat lampu hidup sesuai settingan. Misalnya jika disetting 15 menit, praktis lampu akan mati setelah 15 menit berakhir.

Misalnya ingin membuat lampu terus menyala, pilih opsi Never Off. Praktis, lampu keyboard akan menyala setiap saat. Untuk mematikannya, Anda perlu mengaturnya di menu tersebut.

Solusi Jika Fitur Tidak Bekerja Sesuai Rencana

Terkadang, ada beberapa laptop yang tidak bisa menyala meskipun sudah melakukan pengaturan tersebut. Penyebab utamanya, ada isu yang muncul dan harus diperbaiki oleh pemiliknya.

Cara memperbaikinya pun cukup gampang. Langkahnya diawali dengan membuka start menu terlebih dahulu.

Setelah itu, ketik Troubleshoot Setting pada kolom pencarian. Kemudian buka hingga menemukan sejumlah menu.

Scroll ke bawah untuk menemukan menu Keyboard. Klik untuk memunculkan Run the Troubleshooter.

Silahkan klik menu tersebut dan lanjutkan dengan menekan tombol Next. Di sini, sistem akan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah isu yang menyebabkan backlight tidak berfungsi.

Jika melakukannya dengan benar, sistem akan memunculkan tentang keyboard backlight. Di sini, silahkan ikut bagaimana cara mengaktifkannya. Barulah ulangi cara menyalakan lampu keyboard laptop melalui Windows Mobility Center.

Alternatif untuk Menyalakan Lampu Keyboard

Selain menggunakan cara di atas, sebenarnya ada alternatif yang lebih simpel. NeoTekno memberikan informasi lebih detail tentang praktiknya. Salah satunya dengan memanfaatkan tombol keyboard bawaan dari laptop.

Perlu diingat bahwa setiap merek memiliki pengaturan berbeda. Artinya, peletakan tombol untuk menyalakan fitur backlight sedikit berbeda.

Kami contohkan pada laptop keluaran dari pabrikan Lenovo. Caranya hanya dengan menekan FN+Spacebar. Cara ini sudah cukup untuk menyalakan lampu dengan kecerahan yang bisa disesuaikan sendiri.

Untuk memastikannya, coba perhatikan ikon lampu yang terdapat pada tombol keyboard di tiap jenis laptop. Tombol tersebut yang berguna untuk menyalakan lampu.

Apabila tidak ada, kemungkinan terbesarnya ialah sistem tidak mengonfigurasi penggunaan dari lampu latar. Jadi, Anda tidak dapat menggunakannya sama sekali.

Demikianlah informasi mengenai cara menyalakan lampu keyboard laptop. Pastikan laptop sudah didukung dengan fitur backlight. Jika memang sudah didukung, Anda bisa menyalakannya dengan metode pertama atau pun alternatif yang dijelaskan di atas.

Kategori: Tekno