8 Cara Mengatasi HP Panas Batre Tanam Dengan Mudah

Ketika kita bermain HP lama-lama tentunya akan membuat panas sehingga akan mengalami ngeLag. Sudah menjadi kebiasaan untuk hp yang sudah terlalu lama dipakai dan dengan penggunaan yang tidak ada batasan.

Hmm, mungkin jika smartphone yang masih memakai batre bongkar dengan mudah melepasnya dan menaruhnya di tempat yang dingin seperti lantai. Namun bagaimana cara mengatasi HP panas batre tanam? Tidak semudah dengan smartphone sebelumnya, dengan baterai tanam harus lebih berhati-hati dalam mengambil langkah supaya tidak terjadi ledakan.

Beberapa cara supaya hp kembali normal ketika panas yang dikutip dari website kamusnetizen.com.

1. Jangan menggunakan HP ketika sedang di cas

Tentunya kamu harus lebih sabar ketika hp kamu sedang di charge. Atau gunakan seperlunya ketika sedang dalam keadaan darurat seperti SMS. Karena dengan menyalakan data seluler kamu akan membuat aplikasi berjalan di latar belakang gaes. Kamu harus mengetahui itu.

Dengan menggunakan hp saat di charge dan menjalankan semua aplikasi menyebabkan panas pada hp kamu, juga batre tanam akan cepat lowbat dan akan terganggu performanya.

2. Tidak berlebihan dalam menggunakan HP

Maksudnya adalah, cara mengatasi HP panas pada batre tanam yang tentunya sangat berguna. Ketika kamu menggunakan alangkah baiknya tidak sampai 0% ya gaes.  Dengan kamu menggunakanya sampai mati total akan membuat batre cepat habis dalam waktu singkat juga menyebabkan batre sering panas.

Ketika sudah mulai panas, hentikan penggunaan. Sementara letakan dahulu hp di lantai untuk menormalkan suhu. Dan jika indikator batre merah kisaran 15% segera di charge.

3. Tidak berlebihan dalam mencharger

Selain antisipasi poin atas, kamu juga harus memperhatikan waktu mencharge hp loh. Karena normalnya hp dicharge adalah kisaran 3-4 jam tergantung kapasitas. Kebiasaan buruk yang membuat hp panas adalah men-charge semalaman ketika ditinggal tidur. Dengan begitu akan membuat batre cepat ngedrop loh.

4. Kurangi aplikasi yang memakan tempat

Selanjutnya, kamu harus memahami kapasitas internal atau memori hp kamu. Karena dengan terlalu banyak aplikasi dengan ukuran besar dan berjalan di latar belakang walaupun sedang tidak digunakan. Hal seperti itu akan membuat hp batre tanam panas dan bekerja ekstra dan membuat kesehatan batre turun.

5. Gunakan Charger Orisinil

Menggunakan charge baru-baru ini sangatlah sepele bagi pengguna hp. Mungkin juga kamu tidak mengetahui dampak jika menggunakan charger sembarangan atau bukan dari pabrik bawaan hp. Karena tertarik dengan warna yang lucu membuat kamu beralih ke charge  pasaran.

Kamu harus berhati-hati karena untuk antisipasi konsleting pada batre tanam gaes.  Menggunakan charger yang tepat akan memperpanjang umur baterai hp kamu dan mengurangi panas ketika digunakan.

6. Mode Hemat Baterai

Ketika kamu sedang di tempat umum dan sulit mencari tempat untuk charge HP kamu.  Seperti nya batre tidak lama lagi, kamu harus menggunakan mode Hemat Baterai. Supaya tidak terjadi mati total.

7. Menjaga penggunaan HP

Cara mengatasi hp panas pada batre tanam, kamu harus pandai merawat nya. Tidak menggunakan hp di luar ruangan yang sedang terik. Karena akan semakin membuat panas hp kamu. Dan juga jauhi perangkat seperti Televisi, Kulkas ataupun Radio. Karena akan mengganggu performa HP.

8. Kalibrasi Baterai

Jika kamu sudah terlanjur membuat HP kamu panas, bisa menggunakan cara ini.

Pertama gunakan hp sampai mati total, lalu charge dalam keadaan mati sampai 100%. Ingat jangan aktifkan hp sebelum terisi full.

Lalu ketika sudah full, Aktifkan kembali dan gunakan sampai lowbet namun tidak sampai mati total ya gaes. Lalu charge sampai full dalam keadaan menyala. Selama menyala juga tidak boleh digunakan untuk pengoperasian.

Setelah penuh, gunakan kembali sampai lowbet saja, lalu nonaktifkan lalu di charge kembali.

Dari cara mengatasi hp panas batre tanam, cukup mudah ya gaes sebelum semuanya terlambat dan supaya umur hp dan baterai bertahan lama sehingga tidak perlu buru-buru membeli yang baru karena hp yang panas