Cara Mencuci Hidung Dengan Air Garam

Cara membersihkan hidung dengan mencuci dengan air garam dapat mengatasi penyakit pada hidung. Serta dapat membersihkan alergen dan lendir yang mengganggu.

Sudah banyak orang ya menerapkan cuci hidung dengan garam menggunakan alat Neti pot atau jika tidak ada bisa menggunakan botol yang bisa menyemprotkan air garam ke hidung.

Bagaimana cara mencuci hidung dengan air garam?

Sebelum melakukan baiknya kamu larutkan terlebih dahulu garam khusus yang sudah dijual di pasaran. Dan dalam melarutkan menggunakan air hangat.

Cara mencuci hidung dengan air garam

1)      Berdiri depan wastafel atau di tempat terbuka supaya air tidak tercecer pada lantai.

2)      Miringkan kepala ke satu sisi senyaman mungkin.

3)      Lalu alirkan larutan garam menggunakan Neti pot atau botol yang bisa dipencet.  Lakukan secara perlahan dari lubang hidung atas.

4)      Biarkan larutan keluar sendiri dari sisi hidung yang lain. Saat sedang berlangsung kamu harus bernapas lewat mulut.

5)      Usahakan tidak membiarkan air turun ke tenggorokan. Kamu harus menyesuaikan posisi kepala untuk mencegah air turun bukan pada arahnya.

6)      Ulangi hal yang sama pada sisi berlawanan.

7)      Setelah selesai, tiup hidup dengan lembut dan lap dengan tisu kering.

Cara yang mungkin mudah bagi sebagian orang yang telah terbiasa melakukan cuci hidung. Atau jika kamu memang belum pernah sama sekali lebih baik di dampingi dengan orang yang sudah ahli atau terbiasa melakukan hal yang sama.