Cara Menambah Nafsu Makan Secara Alami dan Mudah Dilakukan

Pernahkah Anda merasa tidak nafsu makan padahal makanan yang disajikan merupakan makanan favorit Anda?Kenyatannya kehilangan nafsu makan tidk hanya terjadi pada anak-anak saja.Namun, orang dewasa pun terkadang mengalami masalah tersebut. Lantas apa yang menjadi penebab nafsu makan seseorang menurun dan bagaimana cara mengatasinya?

Pada dasarnya, terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang kehilangan nafsu makan.Mulai dari kondisi medis hingga kesehatan mental.Nah, jika tidak ditangani dengan cepat, kondisi ini tentu saja dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Cara menambah nafsu makan sendiri bisa dilakukan dengan 2 cara, yakni dengan cara instan dan alami.

Cara instan yang dimaksudkan disini yaitu dengan mengonsumsi vitamin atau obat penambah nafsu makan. Sedangkan cara menambah nafsu makan alami dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • Menambahkan rempah-rempah dalam masakan

Salah satu cara untuk meningkatkan nafsu man yakni dengan menambahkan rempah ke dalam masakan. Sebab, rempah ini nantinya akan memperkaya cita rasa, penampilan, dan aroma masakan yang Anda buat. Anda bisa menambahkan rempah seperti jahe, lada hitam, kayu manis ataupun ketumbar.

 

  • Kurangi asupan serat

Jika untuk mengurangi nafsu makan Anda dapat menambah asupan serat, maka jika Anda ingin menambah nafsu makan, maka sebaiknya Anda mengurangi asupan serat.Walaupun serat berperan penting bagi kesehatan, namun serat ini dapat memperlambat pencernaaan dan membuat kenyang lebih lama.