Pengguna laptop kerap mengalami kendala adanya penurunan performa seperti lemot tak mampu bekerja cepat. Salah satu penyebab laptop lola adalah adanya cache yang menumpuk. Agar komputer dapat bekerja dengan baik, maka cache perlu dibersihkan.

Cache adalah kumpulan data dari program yang telah dijalankan di laptop. Semakin banyak program yang dijalankan, maka cache semakin menumpuk. Dampak buruk cache yang menumpuk adalah melambatkan performa laptop. Simak cara membersihkan cache berikut agar komputer kembali cepat.

 

Cara membersihkan cache laptop dapat ditempuh dengan menghapusnya di via Run. Caranya adalah dengan menekan Windows + R. Setelah muncul Run, silakan ketik %temp% di jendela, lalu klik Oke. Hapus saja folder dan file yang muncul dengan menekan CTRL + A, lalu klik Delete.

 

Cara lain menghapus cache adalah dengan memanfaatkan fitur Disk Cleanup. Cache dapat dihapus sekaligus melalui cara ini dengan membuka File Explorer terlebih dahulu. Pilih Local Disk (C) dan klik kanan, lalu pilih Properties. Cukup klik Disc Cleanup, maka akan ada proses scanning memory. Langkah terakhir cukup centeng file Recycle Bin dan Thumbnails lantas tekan Enter.

 

Ada aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan cache laptop. Aplikasi tersebut adalah CCleaner yang dapat di-download secara gratis. Usai aplikasi terpasang, cukup klik  Custom clean lalu klik Run Cleanar. Setelah proses scanning selesai, klik saja Continue agar file sampah terhapus.