Kebutuhan penggunaan aplikasi atau akses pada web dengan persyaratan pengisian password saat ini banyak dilakukan. Akibatnya, kadang pengguna menjadi sering lupa password yang digunakan. Apalagi jika memang berbeda-beda. Meskipun penggunaan sistem seperti ini, namun untuk urusan keamanannya masih layak untuk dipergunakan. Karena itulah, banyak situs masih mengadopsinya.

Pengingat password saat ini juga sudah banyak disematkan pada browser untuk menanggulangi ketika pengguna lupa. Selain itu, cara ini akan memudahkan pengguna dalam mengelola dan menyimpan kata sandi.

Cara Melihat Password yang Pernah Diketik

Untuk mengetahui password yang pernah diketik di komputer, kita lihat terlebih dahulu browser apa yang sering digunakan. Umumnya, pengguna memakai Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera atau browser-browser yang lainnya. Semuanya itu memiliki manajemen password yang dapat membantu Anda untuk melihat kata sandi saat lupa. Berikut beberapa cara melihat password yang pernah diketik.

  1. Google Chrome

Pengguna browser Google Chrome adalah yang terbanyak dibandingkan yang lainnya. Selain kemudahan penggunaan, banyak situs yang hanya dapat maksimal jika dibuka dengan menggunakan browser ini. Karena hal itulah, pengguna aplikasi Google Chrome kian meningkat. Untuk mendukung penggunaan, terdapat fitur yang dapat menyimpan username dan password secara otomatis.

Namun begitu, masih membutuhkan konfirmasi dari Anda. Untuk melihat password yang pernah terketik, dapat mengikuti langkah berikut:

  • Klik simbol titik tiga pada bagian kanan atas, dan pilih menu “Settings”
  • Klik Password, maka akan muncul daftar situs dengan username dan password yang tersimpan.
  • Untuk dapat melihatnya klik ikon mata, maka akan terlihat password yang tersimpan.
  1. Mozilla Firefox

Selain Google Chrome, browser Mozilla Firefox juga banyak peminatnya. Bahkan, lebih dahulu lahir dan digunakan. Browser ini juga memiliki manajemen penyimpanan password. Untuk dapat melihatnya, Anda dapat mengikuti langkah berikut:

  • Klik simbol garis tiga pada sisi pojok kanan atas
  • Klik “Options”
  • Klik “Security”
  • Klik “Saved Logins”. Maka akan muncul daftar masuk pada situs-situs yang pernah menyimpan password.
  • Klik “Show Passwords” untuk melihat password dan klik “Yes”
  1. Opera

Pengguna browser Opera tidaklah sebanyak Google Chrome dan Mozilla Firefox. Meskipun tidak sepopuler kedua pesaingnya, namun masih ada yang tetap setia menggunakannya. Browser ini juga memiliki fitur yang dapat menyimpan password dari suatu situs. Untuk dapat melihat password yang pernah diketik, ikuti Langkah berikut.

  • Klik “Settings” pada browser
  • Klik “Go to full browser settings”
  • Cari menu “autofill”, lalu klik “password”
  • Maka akan muncul halaman muka baru yang menampilkan daftar situ dengan username dan password yang tersimpan.
  • Untuk melihat passwordnya, klik ikon mata.

Informasi tentang cara melihat password yang pernah diketik, dapat Anda dapatkan selengkapnya di tutorialservis.co.id. Situs tutorial servis ini menyediakan berbagai informasi terkait laptop dan komputer. Password yang tersimpan di browser pada dasrnya mudah mengalami peretasan untuk itu perlu dilindungi.

Passwor Manager Terbaik

Untuk melindungi password yang tersimpan, Anda dapat memanfaatkan aplikasi Password Manager yang terjamin lebih aman. Penggunaan aplikasi ini akan menampung password pada situs, media sosial ataupun aplikasi sehingga terjaga keamanannya.

  • Lastpass

Tools Lastpass adalah salah satu password manager terbaik dengan tingkat keamanan yang cukup tinggi. Tools ini dapat digunakan pada semua perangkat Anda sehingga akan lebih aman dan nyaman saat berselancar. Data yang ada akan disimpan secara enkripsi pada server Cloud.

  • Enpass

Tools password manager yang dapat menjadi pilihan Anda berikutnya yaitu Enpass. Layanan yang diberikan dapat Anda pilih sendiri yaitu versi gratis dan premium yang berbayar. Tools ini juga dapat disinkronkan dengan berbagai perangkat.

Kategori: Tekno