Cara Crimping Kabel LAN Yang Benar

Kabel LAN merupakan sebuah kabel yang berfungsi untuk menyediakan jaringan internet antara komputer user ke server. Biasanya kabel ini sering dipakai oleh suatu area tertentu, misalnya perkantoran, sekolah dan sebagainya.

Salah satu cara membuat kabel LAN bisa berfungsi adalah dengan melakukan crimping menggunakan beberapa alat khusus. Nantinya Anda akan bisa membuat kabel LAN jenis straight atau cross lewat teknik crimping ini.

Belum tahu apa itu crimping? Tenang saja. Karena saya akan jelaskan dengan lengkap cara crimping kabel LAN yang benar beserta penjelasan lengkapnya di sini.

Apa Itu Crimping?

Sumber: https://cdn.pixabay.com/photo/2017/04/20/14/14/network-cable-2245837_960_720.jpg

Crimping adalah sebuah proses atau teknik khusus yang bisa membuat kabel LAN bisa berfungsi secara semestinya. Fungsinya sendiri seperti yang sudah dijelaskan, yaitu untuk membuat kabel jaringan.

Teknik crimping ini nantinya Anda akan mengurutkan kabel LAN ke jenis straight atau cross. Lalu dipasangkan konektor di setiap ujungnya supaya bisa dihubungkan ke antar perangkat.

Tapi untuk bisa melakukan crimping, sebaiknya harus tahu lebih dulu urutan kabel straight maupun cross. Karena kalau urutannya salah, maka bisa membuat kabel LAN yang ingin dibuat itu tidak bisa berfungsi.

Alat Yang Dibutuhkan

Sumber: https://cdn.pixabay.com/photo/2020/05/18/00/32/cable-5183996_960_720.jpg

Lalu apa saja alat yang dibutuhkan untuk melakukan crimping? Untuk alat tidak terlalu banyak, hanya saja yang diperlukan disini kemampuan untuk melakukan crimping itu sendiri.

Berikut ini alat yang dibutuhkan untuk melakukan crimping kabel LAN:

Alat

Fungsi

Kabel UTP

Fungsinya sebagai kabel LAN itu sendiri yang bisa menyediakan koneksi internet

Konektor RJ 45

Sebagai konektor yang dipasangkan ke setiap ujung kabel UTP

Tang Crimping

Berfungsi untuk memungkinkan Anda untuk bisa melakukan crimping dengan mudah

LAN Tester

Untuk memastikan kalau proses crimping kabel LAN berhasil

Untuk LAN Tester ini bersifat optional. Karena untuk mengetesnya, Anda bisa langsung menghubungkan kedua perangkat secara bersamaan lewat kabel LAN. Kalau ternyata jaringan tersedia, tandanya teknik crimping yang Anda lakukan berhasil.

Cara Crimping Kabel LAN

Sumber: https://cdn.pixabay.com/photo/2010/12/13/09/51/ethernet-1826_960_720.jpg

Setelah menyiapkan semua alat yang diperlukan, sekarang saya akan menjelaskan cara crimping kabel LAN. Sebenarnya untuk melakukan crimping sendiri sangat mudah ya.

Hanya saja Anda harus memperhatikan urutan dari setiap jenis kabel LAN itu sendiri. Karena kalau urutannya salah, biasanya bisa membuat kabel LAN ini jadi tidak berfungsi secara semestinya.

Berikut ini cara melakukan crimping kabel LAN:

  1. Pertama silahkan kupas kabel UTP terlebih dulu, kurang lebih selebar 2 sampa 3 cm.

  2. Kalau sudah, susun semua kabel sesuai urutan atau jenis kabel LAN yang ingin dibuat.

  3. Misalnya masih ada kabel yang masih kusut, bisa diluruskan terlebih dulu. Utamanya di setiap ujung kabel.

  4. Setelah urutannya sudah benar, sekarang masukkan ujung setiap kabel ke dalam konektor RJ 45 sesuai urutannya.

  5. Pastikan ujung kabel menyentuh konektor RJ 45 dan bisa dijepit dengan memakai tang crimping.

  6. Lakukan juga untuk ujung kabel yang satunya lagi.

  7. Kemudian ambil LAN tester dan coba cek kabel LAN tersebut. Kalau semua lampu hidup, tandanya kabel LAN tersebut berhasil dibuat.

  8. Selesai.

Ada beberapa catatan untuk Anda yang ingin melakukan crimping, seperti:

  • Disarankan untuk menyesuaikan panjang kabel UTP

  • Memastikan kalau urutan jenis kabel straight atau cross sudah benar

  • Kalau ternyata saat di cek belum berfungsi, bisa dibongkar kembali dan sesuaikan urutannya kembali

  • Ketahui juga fungsi jenis kabel straight dan cross sebelum melakukan crimping

Perbedaan Kabel Straight dan Cross

Disarankan untuk mengetahui fungsi kabel straight dan cross lebih dulu sebelum melakukan crimping. Tujuannya sendiri supaya Anda tidak salah membuat fungsi kabel LAN. Karena fungsi dari kedua jenis ini berbeda.

Pertama bahas kabel straight. Kabel straight adalah jenis pemasangan kabel yang sama antara ujung 1 dengan yang keduanya. Fungsinya sendiri ialah untuk memasang device yang berbeda, seperti dari PC ke router.

Sedangkan kabel cross ini jenis pemasangan kabel yang berbeda antara ujung 1 dengan yang keduanya. Fungsi dari kabel cross adalah untuk menghubungkan perangkat sejenis, misalnya dari PC ke PC dan sebagainya.

--

Nah itulah cara crimping kabel LAN yang benar. Silahkan ikuti semua langkah-langkah di atas untuk bisa membuat kabel LAN yang bisa berfungsi dengan baik.