ASI Tidak Keluar Bayi Minum Apa Agar Tidak Mengalami Stunting dan Malnutrisi

Pada saat ASI tidak keluar ibu dan keluarga terdekat harus mencari semua cara yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tapi ibu tidak akan bisa menyusui bayi sehingga bayi harus mendapatkan alternatif untuk melengkapi nutrisi mereka. Tanpa melakukan hal ini maka akan ada banyak hal yang berbahaya dan fatal yang bisa terjadi pada bayi. Salah satu solusi yang termudah dan cepat adalah susu formula. Untuk mempersiapkan hal ini dengan baik seorang ibu bisa menggunakan sumber daya yang dimiliki untuk mempersiapkan susu formula yang baik dan botol susu yang sudah memiliki reputasi dan dinyatakan aman untuk bayi. Dengan kelengkapan ini ibu bisa memberikan nutrisi yang lengkap dengan mudah pada bayi.

Membeli Perlengkapan Menyusui Bayi

Bayi akan membutuhkan asupan nutrisi pada hari kedua setelah melahirkan. Tanpa ASI bayi akan membutuhkan pengganti sebagai alternatif untuk mendapatkan makanan. Untungnya pada saat ini bayi sudah memiliki banyak alternatif dengan mudah. Berbagai tempat terutama apotik menyediakan susu yang secara khusus ditujukan untuk bayi yang baru lahir. Pada saat membeli akan lebih bijak jika menggunakan layanan apotik untuk mendapatkan susu yang tepat untuk bayi. Pelayan apotik akan membantu untuk menemukan susu yang bagus dan sesuai dengan rentang kemampuan ekonomi yang dimiliki seseorang. Ibu juga perlu memikirkan berapa banyak uang yang diperlukan untuk mempersiapkan kebutuhan ini setiap bulan.

 

Setelah membeli susu maka botol yang diperlukan untuk menyusui juga dapat ditemukan di dalam apotik. Ini adalah sebuah kemudahan yang bisa dimanfaatkan dengan mudah. Para ibu akan menemukan banyak pilihan botol susu dan dot. Pilihan terbaik bisa ditemukan dengan arahan dari apoteker. Ketika ibu sudah mendapatkan susu dan botol yang diperlukan maka ibu bisa menggunakan cara ini untuk memberikan susu pada bayi. Bayi juga memiliki kegemaran dan sensitifitas tersendiri terhadap bahan yang dikandung oleh susu. Bayi perlu diperhatikan dan berbagai kelainan yang ditemukan pada bayi dapat diamati untuk menghindari masalah pada saat menyusui dengan botol.

 

Masalah Karena Penggunaan Produk yang Tidak Tepat

Ada banyak macam kasus yang bisa terjadi jika bayi menyusui menggunakan botol atau formula yang tidak tepat. Bayi bisa mengalami alergi terhadap bahan tertentu. Pada kondisi ini bayi akan menunjukkan berbagai ciri fisik alergi dan hal ini bisa diselesaikan dengan mudah. Selain itu air dapat mengalami iritasi pada saat buang air kecil dan besar. Iritasi ini bisa menjadi lebih buruk jika susu formula tidak segera diganti. Biasanya hal ini juga merupakan salah satu bentuk dari alergi dan bayi bisa saja menunjukkan gejala yang lebih mengkhawatirkan. Semua masalah ini harus diperhatikan dengan baik dan solusi pertama yang bisa langsung dikerjakan adalah mengganti sisa formula yang digunakan. Ini adalah langkah yang sangat baik dan bisa memberikan efek nyata terhadap kesehatan bayi dengan cepat.

Ibu juga harus mengetahui proses yang benar pada saat buang air kecil dan besar. Terdapat frekuensi tertentu pada bayi. Ketika buang air besar terjadi setidaknya 2 kali dalam satu hari maka hal ini masih bisa dianggap normal kecuali jika terdapat iritasi sebagai dampak dari kotoran yang menempel pada kulit bayi. Selain itu bayi juga akan buang air kecil secara rutin setidaknya setiap 3 jam sekali. Buang air kecil berlebihan bisa memberikan dampak dehidrasi dan buang air kecil yang terlalu sedikit juga bisa mendatangkan masalah tersendiri.