Yuk Kenali Apa Itu Random Access Memory (RAM) dan Fungsinya!

Random Access Memory atau yang lebih dikenal dengan RAM adalah perangkat keras yang pasti ditemui di perangkat elektronik berupa PC, komputer, tablet, atau HP. Hampir semua orang tentu sudah tidak asing dengan istilah ini, namun masih banyak yang belum tahu lebih dalam tentang apa itu Random Access Memory (RAM) dan apa saja fungsinya. Yuk simak ulasan lengkapnya di sini!

Pengertian Random Access Memory (RAM)

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih jauh, sebaiknya diulas terlebih dahulu pengertian dari RAM. Random Access Memory termasuk salah satu hardware yang disematkan di dalam PC, laptop, HP, atau tablet. Hardware yang satu ini sangat berpengaruh terhadap cara kerja komputer maupun laptop dan menjadi salah satu pertimbangan saat membeli HP atau laptop.

Besarnya RAM yang dimiliki oleh PC atau HP tersebut akan sangat berpengaruh terhadap performa dari perangkat elektronik. Semakin besar kapasitas RAM, maka semakin baik pula untuk digunakan dan program akan berjalan semakin cepat. Itulah mengapa saat membeli laptop atau HP perlu melakukan pertimbangan tentang seberapa besar kapasitas RAM yang dimilikinya.

Mengenal Fungsi dari Random Access Memory (RAM)

Ketika anda membuka sebuah program di laptop atau HP, maka ada data yang disimpan sementara di dalam RAM. Data ini disimpan selama program tersebut dijalankan. Itulah mengapa kapasitas yang dimiliki RAM akan sangat menentukan seberapa cepat RAM tersebut menyimpan data dan seberapa banyak data yang bisa disimpan.

Apabila RAM memiliki kapasitas yang kecil dan anda gunakan untuk membuka program dengan penyimpanan data yang banyak, maka efeknya laptop atau HP akan lemot. Hal ini dikarenakan kapasitas RAM yang tidak mendukung aktivitas anda, sehingga bisa menyebabkan performa perangkat elektronik menjadi menurun.

Fungsi lain dari RAM adalah menyimpan data dari piranti yang masuk dan mengirimkannya ke ALU untuk dilakukan pemrosesan. Setelah itu, RAM juga dapat digunakan untuk menyimpan data yang sudah diproses oleh ALU dan mengirimkannya ke piranti luar. RAM juga berfungsi untuk mempercepat pengolahan data dan menyimpan instruksi atau program.

Tanda-Tanda RAM yang Sudah Rusak

Saat mengulas apa itu Random Access Memory (RAM), maka tidak lepas dari performa RAM itu sendiri. Mengetahui tanda RAM yang sudah rusak sangatlah penting supaya anda bisa melakukan tindakan yang tepat. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya jika RAM memiliki fungsi yang sangat vital untuk memastikan program komputer berjalan sebagaimana mestinya.

Beberapa tanda RAM yang sudah rusak yaitu kinerja program komputer yang sudah mulai menurun, layar komputer sering blue screen, laptop sering restart sendiri, dan kipas pada laptop ada bunyi yang mengganggu. Tanda lainnya adalah terdengar bunyi ketika akan mengganti slot atau ingin mengganti booting. RAM dengan kerusakan 30 persen mungkin masih lolos uji.

Akan tetapi, akan sering error ketika anda gunakan untuk melakukan install program atau sering mengalami blue screen. Sementara itu, RAM yang sudah rusak parah akan terdeteksi oleh CPU dan muncul peringatan berupa bunyi beep error code. Apabila hal ini terjadi, sudah saatnya untuk mengganti RAM dengan yang baru agar performa komputer tetap baik dan lancar digunakan.

Peran RAM di dalam perangkat elektronik sangatlah penting karena bisa mempengaruhi performa dari perangkat elektronik tersebut. Semakin besar kapasitas RAM, akan semakin cepat juga dalam memproses data. Apabila terjadi kerusakan pada RAM yang sudah parah, anda perlu segera menggantinya dengan yang baru.