Apa Itu Artikel?

Artikel merupakan tulisan yang sering Anda baca dimanapun. Karya tulis yang satu dibuat dengan fakta yang tertera. Artikel bisa Anda baca di majalaj, koran, dan platform online. Karangan faktual yang ditulis dengn panjang tertetnu dan lengkap juga merupakan pengertian dari artikel. Tujuan dari penulisan artikel adalah untuk menyampaolan gagasan atau fakta.

Gagasan atau fakta ini ditulis lewat cara yang menghibur maupun mendidik. Jadi, apaitu artikel? Artikel adalah karangan yang dimuat di berbagai media seperti majalan, koran, media online yang berisi suatu informasi, fakta, bahkan gagasan yang menghibur dan mendidik. Artikel juga bisa diartikan sebagai laporan, karya tulis, esai, bahkan berita.

Artikel ditulis dengan kata-kata yang baku dan menggunakan Bahasa yang resmi. Isi dari artikel bersifat aktual. Sehingga yang benar-benar tertulis di artikel bukan hanya sekedar mitos saja. Tujuan dari hal-hal tersebut adalah agar isi dari artikel yang Anda baca menyesatkan dan isinya bisa dipahami oleh pembaca.

Karena tujuan dari penulisan artikel adalah memberikan informasi bagi pembaca, menambah wawasan pembaca, mengedukasi pembaca, serta menghibur pembaca. Jika Anda memperhatikan salah satu contoh artikel yang bisa Anda sekarang, maka pasti Anda akan mendapatkan wawasan ataupun informasi dari artikel tersebut.

Ciri-Ciri Artikel

Ap aitu artikel dan bagaimana ciri-ciri dari artikel? Ada beberapa unsur yang harus dipenuhi agar sebuah tulisan bisa disebut sebagai artikel. Dengan unsur-unsur inilah maka artikel mempunyai karakteristik tersendiri dibandingkan dengan tulisan lainnya. Fakta merupakan elemen yang penting karena fakta adalah dasar dari penulisan artikel.

Penulisan artikel harus sistematis dan tepat sehingga fakta maupun informasi yang tercabntum pada artikel bisa diterima dengan mudah oleh pembaca. Dengan Bahasa yang formal dan resmi, artikel juga harus bersifat informatif dan faktual sehingga apapun yang tercantum dalam artikel dapat dipertanggungjawabkan oleh sang penulis.

Meskipun bersifat faktual. Article juga dapat berisi Analisa pemikiran dan opini. Namun kedua hal ini juga tidak boleh sembarangan ditulis alias harus dilandsi dengan teori dan data yang valid. Setelah kita mengetahui ciri-ciri artikel, berikut adalah jenis artikel yang bisa Anda baca/

  1. Deskripsi

Artikel deskripsi adalah artikel yang menggambarkan suatu hal. Jika Anda membaca artikel deskripsi, maka Anda bisa membayangkan, mendengarkan, dan merasakan isi dari artikel tersebut.

  1. Narasi

Artikel yang tulisannya ditulis dengan cara yang sistematis merupakan definisi dari artikel narasi. Anda akan membaca tulisan yang runut penulisannya mulai dari kejadian awal, tengah, hingga sampai di akhir. Dalam artikel narasi inilah pembaca akan menjumpai tokoh, konflik, dan juga penyelesaian.  Contoh artikel narasi bisa berupa kisah pengalaman, biografi, dan autobiografi.

  1. Persuasi

Apa itu artikel persuasi? Artikel persuasi adalah jenis artikel yang mampu mempengaruhi pembaca. Jika Anda membaca artikel ini, maka bisa jadi Anda akan melakukan apa yang penulis sarankan. Contoj dari artikel persuasi adalah artikel yang mengiklankan produk sehingga Anda ingin membeli produk itu atau kampanye anti korupsi untuk terhindar dari perilaku korupsi.

  1. Argumentasi

Artikel yang ditulis dengan tujuan untuk membukti suatu kebenaran akan opini seseorang merupakan definisi dari artikel argumentasi. Pada artikel ini, penulis akan menyajikan data dan fakta untuk membuktikan sesuatu dan menjadi pendukung opini.

Demikian definisi, ciri-ciri, dan jenis artikel. Dengan membaca artikel maka wawasan dan pengetahuan Anda akan semakin luas. Jadi, Anda sudah membaca berapa artikel hari ini?