5 Khasiat Buah Mengkudu Bagi Wanita dan Efek Sampingnya

Siapa yang tidak kenal dengan buah mengkudu? Buah yang satu ini mudah dijumpai di Indonesia bahkan di pekarangan rumah sekalipun. Buah ini memang kurang menarik dari segi tampilannya serta baunya menyengat. Namun, khasiat buah mengkudu dipercaya untuk berbagai obat-obatan hingga kecantikan.

Bagi wanita, buah mengkudu ternyata memiliki sejuta manfaat. Meskipun memiliki banyak manfaat, alangkah baiknya untuk tetap memperhatikan takaran yang tepat untuk konsumsi buah mengkudu.

5 Khasiat Buah Mengkudu Bagi Wanita

Alasan kenapa buah mengkudu ini bermanfaat bagi kesehatan karena di dalamnya mengandung karbohidrat, vitamin C dan E, biotin, folat, protein, magnesium, kalium dan kalsium.

Banyaknya kandungan penting bagi kesehatan, buah mengkudu dibuat menjadi sebuah suplemen atau obat untuk penyakit tertentu. Berikut 5 khasiat dari buah mengkudu bagi wanita:

  1. Menjaga kondisi kolesterol dalam darah

  2. Menurunkan kadar gula darah

  3. Anti penuaan dini

  4. Menjaga kelembaban tubuh

  5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sedangkan untuk wanita hamil, buah mengkudu juga bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri. Namun, bagi ibu hamil yang ingin konsumsi buah mengkudu konsultasi dokter terlebih dahulu . Lalu apa saja efek sampingnya?

Ada Efek Samping Meskipun Banyak Khasiat Buah Mengkudu

Dikenal memiliki banyak manfaat, apabila Anda konsumsi buah mengkudu berlebihan juga bisa menyebabkan efek samping, diantaranya

- Dapat merusak hati karena mengandung senyawa yang di dalamnya bersifat karsinogenik dan hepatotoksik (racun merusak hati)

- Hiperkalemia (naiknya kadar kalium) sehingga buah mengkudu dilarang untuk dikonsumsi oleh orang yang mengidap sakit ginjal.

- Dapat memperlambat pembekuan darah.

Demikian khasiat buah mengkudu dan efek sampingnya. Apapun yang berlebihan serta tanpa konsultasi dokter justru bisa membahayakan kesehatan.